Persiapan Penilaian Renstra BLUD RSUD Wonomulyo

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.– Ketika penulis ditugaskan oleh Pimpinan untuk melakukan pendampingan penyusunan  Renstra BLUD RSUD Wonomulyo, dengan mengunakan format :  penilaian dokumen administratif, indikator, dan bobot penilaian penerapan BLUD. Ada beberapa catatan penulis terhadap draf dokumen Renstra BLUD RSUD Wonomulyo yang akan dinilai dan juga beberapa asistensi penyusunan Rencana Keuangan sebagai penjabaran dari ketentuan perlunya BLUD dianalisis dengan pendekatan Bisnis.

Berikut ini beberapa catatan penulis dari hasil penilaian dan pendampingan penyusunan Draf Dokumen Renstra BLUD RSUD Wonomulyo.

Adanya Pernyataan Visi dan Misi

Dalam format penilaian ada pertanyaan,  “Apakah Ada Pernyataan Visi dan Misi?”.  Penyataan Visi dan Misi  pada draf Dokumen setelah dikonfirmasi dengan beberapa pertanyaan yaitu

  1. Apakah Visi dan Misi disusun oleh pimpinan?
  2. Apakah visi dan Misi disusun oleh Pimpinan dan Sekretariat?
  3. Apakah visi dan Misi disusun oleh Pimpinan dan Sekretariat serta provider?

Terlihat bahwa visi dan misi yang dimuat dalam renstra dilakukan oleh pimpinan dan salah satu pihak dari sekretariat rumah sakit. Guna untuk mendapatkan jawaban dari “Adanya Pernyataan Visi dan Misi”, Penulis sarankan agar visi dan misi tersebut dapat dibuat ulang dengan melibatkan pimpinan, sekretariat dan provider (pemberi layanan) pada semua unit Rumah Sakit, sehingga yang visi dan misi ini dinyatakan sebagai visi dan misi bersamanya, — Adanya Pernyataan Visi dan Misi—- Caranya dengan dengan membagi lembaran kertas kepada masing-masing bagian dan menuliskan Visi dan Misi mereka pada lembaran tersebut, kemudian dikumpulkan menjadi  satu kalimat pernyataan Visi dan Misi. RSUD Wonomulyo telah melakukannnya dan menghasilkan visi Bersama “Terwujudnya Rumah Sakit yang Berkualitas, Terpercaya Dan Berbudaya dengan Pelayanan Prima  Di Polewali Mandar

Gambaran Strategis dan Arah Kebijakan

Telah ada Kesesuaian dengan Renstra SKPD dan RPJMD. Strategi RPJMD : terdapat pada Tabel 6.1 RPJMD Polewali Mandar dengan strategis meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan keluarga berencana dengan sasaran  meningkatnya derajat kesehatan dengan program Peningkatan kapabilitas RSUD dengan indikotor nilai akreditasi RS. Strategi ini telah dijabarkan dalam Rumah Sakit. Telah  ada kesesuaian visi, misi, program dengan pencapaian kinerja (kinerja layanan, kinerja keuangan dan kinerja manfaat. termasuk didalamnya tercantum pula telah target kinerja program dan kegiatan.

Rencana Keuangan dan Pengembangan Layanan

Khusus untuk Rencana keuangan dan Pengembangan Layanan, yang sebelumnya belum dijabarkan, telah dilakukan asistensi dan diberikan penjelasan estimasi pendapatan dengan Sumber  Pendanaan RSUD sebagai pendapatan  BLUD Wonomulyo selama 5 (lima) tahun kedepan bersumber dari  Rupiah Murni APBD dan Pendapatan  BLUD  RSUD Wonomulyo,

  1. Rupiah Murni APBD, didasarkan pada perhitungan realisasi belanja pegawai  satu tahun terakhir dan beberapa pelaksanaan program urusan kesehatan sebagai dasar penentuan pagu Indikatif APBD untuk  RSUD Wonomulyo pembagian dari DInas Kesehatan sebagai Induknya, diuraikan dalam bentuk program kegiatan dan pendanaannya termasuk penanggung jawabnya.
  2. Pendapatan BLUD, berupa pendapatan dari Tarif layanan kesehatan Yaitu dari tarif Rawat Jalan , Laboratorium, Pasien Rawat Inap, Poly Obgyn, Persalinan, Unit Gawat Darurat, Kefarmasian dan Ambulance.

Dari Estimasi Anggaran kemudian dibuatkan Rencana kebutuhan anggaran dibedakan atas anggaran kelansungan biaya-biaya pelayanan kesehatan (Health Services Cost termasuk Labour Cost and Over Head Costdalam satu tahun dan anggaran untuk biaya pengembangan yang diperolah dari Profit Bruto (Pendapatan dikurangi pengeluaran). Proporsi Penggunan penggunaan biaya pelayanan kesehatan dan biaya pengembangan direncanakan dengan proporsi 50% : 50%. Proporsi ini  tetap mempertimbangan Profit Netto dalam satu tahun setelah dikeluarkan belanja untuk pemeliharaan dan perbaikan (Maintenance and repairs cost) sarana dan prasarana rumah sakit.

  1. Anggaran untuk Biaya Pelayanan Kesehatan, ditujukkan untuk menjaga kegiatan operasional biaya pelayanan kesehatan, sarana dan prasarana RSUD Wonomulyo yang tidak bisa ditangguhkan, Disusun berdasarkan jenis pembiayaan dan estimasi besarannya pertahun, berupa biaya-biaya, Jasa Layanan Kesehatan, Biaya penggunaan Obat-obatan, biaya penggunaan BHP dan BMHP, biaya Penggunaan alat kesehatan, biaya pemeliharaan sarana dan biaya layanan administrasi pelayanan kesehatan.
  1. Anggaran untuk Biaya Pengembangan, disusun berdasarkan jenis pembiayaan dan estimasi besarannya setiap tahun dengan estimasi anggaran pengembangan selama periode RSB RSUD Wonomulya terdiri dari Pemeliharaan Gedung, Peningkatan SDM Kesehatan, Perjalanan Dinas, Jasa Pegawai dan Pengelolaan Bangunan RS lainnya, yang semua diarahkan untuk mendukung rencana pengembangan RSUD Wonomulyo.

Pengesahan Renstra BLUD RSUD Wonomulyo oleh Kepala Daerah

Renstra BLUD RSUD Wonomulyo direncanakan disahkan dengan Peraturan Kepala Daerah Yaitu Peraturan Bupati Polewali Mandar. Hasil Harmonisasi, Pembulatan, Pemantapan Konsepsi Peraturan Bupati yang dilakukan bersama dengan Kemenkum -HAM Kanwil Sulawesi Barat (1 November 2022 di Mamuju). Beberapa ketentuan bahwa Rencana Strategis Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonomulyo, disusun untuk menjelaskan strategis pengelolaan BLUD dengan mempertimbangkan alokasi sumber daya  dan kinerja dengan menggunakan tehnis analis bisnis.

Penyusunan  Renstra BLUD RSUD Wonomulyo telah tersusun dengan memperhatikan; (1), Rencana pengembangan layanan, (2) Strategis dan Arah Kebijkan, (3) Rencana Program dan Kegiatan dan  (4) Rencana Keuangan

Dengan mengingat;

  1. Pasal 18 ayat (6) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945:
  2. Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Tingkat II di Sulawesi (lembar Negara Republik Indonesia Tahun 1959 Nomor 74, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 1822);
  3. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587), sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta  Kerja  (lLembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2020  Nomor 245, Tamabahn Lembaran Negara Republik Indonesia  Nomor 5673);
  4. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1213)
  5. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit (Berita Acara Negara  Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 21)

Secara Keseluruhan hasilnya dari Rapat pengharmonisan, pembulatan dan pemantapan 4 Ranperbup RSUD Wonomulyo oleh Kemenkum-Ham. Meliputi :

  1. Standar Pelayanan Minimal RSUD wonomulyo.
  2. Pedoman Tata Kelola RSUD Wonomulyo.
  3. Peraturan internal staf medis RSUD Wonomulyo. Dan
  4. Rencana Strategis BLUD RSUD Wonomulyo.

Dari ke empat Ranperbup tersebut. Pendampingan kami terhadap Rencana Strategis BLUD RSUD Wonomulyo. Telah dinyatakan memenuhi syarat untuk diproses lebih lanjut sebagai Peraturan Bupati Polewali Mandar. Tiga Ranperbup lainnya pendampingan dari tim lain masih belum memenuhi syarat dan perlu perbaikan.

Bila ke empat Peraturan Bupati tersebut telah rampung, maka direncanakan RSUD BLUD Wonomulyo akan dinilai oleh Kementerian Kesehatan, dan bila telah memenuhi syarat selanjutkan akan ditetapkan sebagai RSUD BLUD Wonomulya dalam penyelenggaran pelayanan kesehatannya.

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang Nutritionist, Epidemiolog Kesehatan, Perencana Pembangunan Kesehatan (Daerah), Citizen Jurnalist Blog, Pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan (Daerah) di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Negara Republik Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: