Bagaimana Mengelola Data Pelayanan Kesehatan Dasar ?

Gambar Team WorkPolewali Mandar Sulwesi Barat, @arali2008.– Judul “bagaimana mengelola data pelayanan kesehatan dasar? “adalah pertanyaan dari seorang teman yang baru saja di promosi menjadi kepala seksi Pelayanan kesehatan dasar di Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat.

Sebelumnya,  sang teman  bekerja di Puskesmas  masih diwilayah  kabupaten Polewali Mandar sebagai seorang pejabat fungsional perawat penyelia yang  pekerjaannya bersifat mandiri.

Pertanyaan ini muncul ketika dalam tiga bulan terakhir laporan data tentang pelayanan kesehatan dasar dari  19 puskesmas di Kabupaten Polewali Mandar selalu saja  sang teman menyerahkannya kepada saya. Sebagai seorang yang sangat menghargai data saya menyimpan dengan rapi pada ruang kerjaku bagian Unit Pelaksana Tehnis Sistem Infromasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar.

Awal bulan ini sang teman beberapa kali masuk diruang kerjaku guna mencoba mengkonfirmasi tugas dan fungsi pelayanan kesehatan dasar yang sekarang menjadi tanggung jawabnya, sang teman datang dengan dua  pertanyaan pokok yaitu

  • Bagaiamana melaksanakan tugas pokok dari pelayanan kesehatan dasar?
  • Bagaimana mengelola data pelayanan kesehatan dasar?

Dua pertanyaan inilah yang saya akan jelaskan sesuai dengan pengalaman yang sudah sekitar 10 tahun bekerja Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, Dimana pada tingkat Kabupaten  seseorang yang bekerja lebih menekankan pada kerja pengorganisasian tim (bukan bekerja mandiri seperti pada jabatan fungsional)

Bagaimana melaksanakan tugas pokok dari pelayanan kesehatan dasar?

Sebelum saya menjelaskan jawaban dari pertanyaan ini terlebih dahulu saya  uraikan tugas pokok dan fungsi dari seksi pelayanan kesehatan dasar dilingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar.  Yaitu Seksi Kesehatan Dasar mempunyai tugas pokok dalam penyelenggaraan dan melaksanakan pelayanan kesehatan dasar termasuk kesehatan komunitas. Pelayanan kesehatan dasar yang dimaksud disini lebih ditekankan pada pelayanan keperawatan tingkat dasar yaitu rawat jalan , rawat inap dan perawatan komunitas lainnya. Lebih jelasnya  fungsi dari pelayanan kesehatan dasar ini  adalah

  1. Perencanaan dan pengorganisasin serta pengelolaan pelayanan kesehatan dasar meliputi upaya kesehatan perorangan yang diselenggarakan Puskesmas dan jaringannya.
  2. Perencanaan dan Pengorganisasian pelayanan kesehatan komunitas yang lebih ditekankan pada keperawatan komunitas meliputi upaya keperawatan  kesehatan masyarakat, memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit tampa mengabaikan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan..
  3. Penyelenggaraan upaya kesehatan pada daerah perbatasan, terpencil, rawan dan kepulauan skala Kabupaten
  4. Pemantauan, evaluasi dan peningkatan mutu Pelayanan kesehatan perorangan dan masyarakat serta operasional dan manajemen puskesmas termasuk beberapa program upaya kesehatan masyarakat lainnya.
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan sesui dengan tugas dan fungsi.

Tugas dan fungsi harus dimengerti  dan difahami dengan benar karena ada sebagian petugas kesehatan yang belum mengerti tata-organisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali mandar yang terbaru, mereka  mengartikan pelayanan kesehatan dasar itu adalah Gizi, KIA, Kesling, Promosi Kesehatan  dan P2P serta kegiatan pengembangan kesehatan lainnya. Pada hal pelayanan kesehatan dasar disini lebih ditekankan pada rawat jalan puskesmas, rawat inap bagi puskesmas yang mempunyai rawat inap dan kegiatan keperawatan komunitas lainnya. Yang jelas kegiatan  Gizi, KIA, Kesling, Promosi Kesehatan dan P2P serta kegiatan  kesehatan lainnya adalah program yang telah mempunyai  sistem tersendiri dalam tata organisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar terbaru.

Setelah diketahuinya tugas dan fungsi dari pelayanan kesehatan dasar, selanjutnya seseorang yang bertanggung jawab akan melaksanakan tugas dang fungsi pelayanan kesehatan dasar ini, sebagaimana pertanyaan  pertama dari teman diatas Bagaiamana melaksanakan tugas pokok dari pelayanan kesehatan dasar?

Penjelasannya adalah tugas dang fungsi pelayanan kesehatan dasar termasuk juga tugas dan fungsi pelayanan pada bagian-bagian lain dari seksi Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar pada dasarnya merupakan aplikasi dari funsgi manajemen yaitu dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan monitoring serta  evaluasi

Gambar Fungsi Manajemen Lihat uraian tugas pokok diatas ada kata-kata perencanaan, pengorganisasian, penyelenggaraan atau pelaksanaaan dan monitoring serta evaluasi. Jadi ini yang harus pertama-tama dimengerti oleh seorang yang baru saja menjabat kepala seksi (pejabat struktural eselon IV).  Dan saya yakin setiap pegawai yang telah dipromosikan menjadi pejabat sudah pasti  telah mempunyai pengetahuan manajerial  yang cukup untuk menjabarkan lebih lanjut tugas dan fungsinya. Atau boleh saya sebutkan diatas pengelolaan pelayanan kesehatan dasar adalah  mengelola (menajemen) keperawatan tingkat dasar yaitu  rawat jalan dan rawat inap puskesmas dan jaringannya.  Dalam mengelola pelayanan kesehatan dasar ini, petugas telah dilengkap dengan  rekam medik (download contoh rekam medik disini : Recam Medik ) dan selanjutnya bagaimana mengelola data yang sudah ada di recam medik untuk dijadikan laporan, inilah yang akan saya jelaskan secara singkat dalam pertanyaan kedua tersebut diatas.

Bagaimana mengelola data pelayanan kesehatan dasar?

Sebenarnya sederhana saja untuk menjawab dan menjelaskan pertanyaan ini, karena sistem pencatatan dan pelaporan dari pelayanan kesehatan dasar telah baku diberlakukan  di puskesmas diantaranya pencatatan dan pelaporan rawat jalan puskesmas dan jaringanya, pencatatan dan pelaporan rawat inap  bagi puskesmas yang mempunyai rawat inap, dan beberapa pencatatan dan pelaporan  pelayanan kesehatana dasar yang bersifat komunitas atau berdasarkan sasaran populasi yang semuanya terhimpun dalam  catatan recam medik. Kalaupun  belum ada sistem pencatatan dan pelaporannya dengan diketahui kegiatan-kegiatan pelayanan kesehatan dasar sang petugas bisa  merancang jenis pelaporannya. Disni saya anggap saja laporan yang bersumber dari recam medik telah jadi (karena memang selama ini petugas puskesmas telah mengirimkan laporan tersebut)

Pertanyaannya adalah laporan-laporan tersebut setelah tiba di Dinas Kesehatan cq Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar, apa yang harus dilakukan?

Yang dilakukan adalah

  1. Kumpulakan semua laporan tersebut dan pisahkan perjenis data pelayanan kesehatan dasar mulai rawat jalan, rawat inap dan perawatan komunitas lainnya
  2. Kemudian cek masing-masing data tersebut diantara tehnis pengisian apakah sudah  lengkap atau tidak lengkap
  3. Selanjutnya pelajari isi laporan tersebut,  setiap variabel ( kolom maupun baris pada format laporan) yang terisi atau yang ada, harus dimengerti dengan benar. Ini penting karena disini seorang petugas kabupaten akan melihat crosscek dari benar tidaknya laporan tersebut untuk selanjutnya dilakukan pembinaan sesuai dengan tuntutan tugas pokok dan fungsi dari pelayanan kesehatan dasar  pada Dinas Kesehatan Kabupaten.
  4. Dan yang terakhir adalah setelah semua laporan tersebut benar-benar layak, baru kemudian direkapitulasi menjadi satu sebagai laporan pelayanan kesehatan dasar tingkat Kabupaten, bisa dalam bulanan, triwulan atau tahunan. Semua tergantung dari kreatifitas. Dan jangan lupa diumpanbalikan kepada  sumber datanya yaitu puskesmas serta tembusan kepada pihak-pihak yang terkait misalnya Dinas Kesehatan Propinsi dan lain-lain.

Gambar Diskusi Kerja Sama TimJadi Prinsipnya adalah mengelola data dari suatu pelayanan kesehatan yang bersumber dari recam medik adalah sangat penting sebagai awal dari pelaksanaan tugas dan fungsi  suatu bagian dari  semisal seksi pelayanan kesehatan dasar tingkat kabupaten.

Tugas dan fungsi dari suatu seksi itu pada dasarnya merupakan pelaksanaaan dari fungsi-fungsi manajemen  yaitu perencanaan, pengorganisian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi dalam penyelenggaraan rawat jalan, rawat inap dan perawatn komunitas lainnya di Puskesmas dan jaringannya.

___________________________________________________________

Baca Artikel terkait

  1. Tugas danf Fungsi Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar
  2. Tugas dan Fungsi Seorang Epidemiologi  Kesehatan Ahli
  3. Sistem Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat

___________________________________________________________

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

2 Responses to Bagaimana Mengelola Data Pelayanan Kesehatan Dasar ?

  1. Identyfikatory mengatakan:

    Nice Blog! Visit my site also!

  2. Happy Life mengatakan:

    Betul sekali, perencanaan yg matang membuat semuanya berjalan dengan baik. Hal ini yg kurang diseriusi oleh manajemen.
    Salam

    @arali2008 menjawab
    salam kembali, begitulah faktanya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: