Mental dan Berdamai dengan Diri Sendiri

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.– Mental memang penting dalam menghadapi situasi sulit. Karena mental atau mentalitas adalah kemampuan belajar cepat atau berpikir cepat dalam merespon sesuatu. Jika terlambat dalam berpikir anda harus cepat berdamai dengan diri sendiri. Jika itu tidak terjadi maka perasaan dan pemikiran anda akan terganggu. Sebaiknya anda harus istirahat membiarkan diri dalam kesendirian.

Salah satu tempat belajar uji mental dan berdamai dengan diri sendiri adalah di DPRD Daerah. Begitu banyak dinamika komunikasi politik terjadi keluar dari kaidah logika normal. Misalnya saja dalam suatu rapat antara para pejabat eksekutif dan anggota DPRD. tiba-tiba Si A memberikan komentar yang menyerang si B, yang secara logika normal membuat si B sakit hati, tidak terima akan komentar si A.

Dan kemudian ketika tensi komentar anggota DPRD naik, dan eksekutif lambat dalam belajar merespon topik bahasan maka yang terjadi adalah emosi sesa’at, bila tidak terkendali maka akibatnya adalah pukul meja dan berakhir dengan dipendingnya rapat.

Kalau sudah demikian oleh Efendy Gazali pakar komunikasi politik mengemukakan dengan mengutib beberapa pendapat, “Berdamai dengan Diri Sendiri (McQuail), karena kalau tidak demikian oleh Efendi Gazali memberi komentar, “Jangan-Jangan Anggota Dewan atau juga para pejabat eksekutif itu belum berdamai dengan dirinya sendiri, hingga kadang bisa dikategori orang stres”. Demikian diungkapkan dalam pressentase “Memahami Dinamika Komunikasi Politik untuk mendukung Tugas Sekretariat DPRD,” Pada acara Workshop Nasional ASDEKSI dengan tema “Komunikasi Politik”. Yang saya ikuti dua tahun lalu.

Saya garis bawahi kalimat ini, “Berdamai dengan diri sendiri” secara pribadi saya banyak belajar membangun mental, ketika bekerja di DPRD Polewali Mandar, saya juga harus belajar untuk dapat berdamai dengan diri sendiri, ketika menghadapi situasi yang sulit, meresponnya dengan belajar cepat karena saya tidak ingin disebut stres.

Rapat Sekwan dan Anggota Dewan

Gambar suasana diskusi ringan antar Legislatif dan eksekutif dalam pembahasan RAPBD-Perubahan tahun 2020. Polewali Mandar. (Foto. Dari Asri

Belajar cepat artinya berpikir cepat dalam menyingkapi sesuatu. Ketika lambat berpikir maka anda harus dapat berdamai dengan diri sendiri. Itulah yang disebut dengan mentalitas dan berdamai dengan diri sendiri dari serangan emosi sesa’at yang seharusnya tidak perlu terjadi. Seperti yang disajikan pada ambar suasana diskusi ringan antar Legislatif dan eksekutif dalam pembahasan RAPBD-Perubahan tahun 2020 Polewali Mandar. Dilakukan setelah adanya insiden pukul meja antara pimpinan sidang dan perwakilan eksekutif yang menyebabkan ditunda rapat.

***

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: