Aktifkan Data Analysis Dalam Program Microsoft Excel

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.–  Banyak data  (Hasil perhitungan dan pengukuran) yang diperoleh oleh petugas kesehatan di tingkat puskesmas. Dan banyak pula data yang diperoleh oleh Kabupaten dari Laporan yang dikirimkan oleh puskesmas dan unit pelayanan kesehatan lainnya disuatu wilayah kabupaten, MEREKA KESULITAN MELAKUKAN ANALISIS DATANYA.

Ditingkat Kabupaten data-data tersebut direkapitulasi dalam computer program microsoft excel dalam bentuk tabel, terekap menurut sarana pelayanan kesehatan (puskesmas), menurut waktu (bulan, triwulan, smester dan tahunan) dan menurut jumlah layanan (sasaran=orang).

Berdasarkan data yang ada pada tabel-tabel kemudian dilakukan analisis. Petugas kesehatan tingkat kabupaten biasanya melakukan analisis yang sangat sederhana yaitu dalam bentuk presentase untuk memberikan gambaran deskriptif, perbandingan, trend (kecenderungan) dan mencoba menghubung-hubungkan data yang satu dengan data yang lainnya secara  naratif tampa terukur.

Dalam pedoman pembuatan profil kesehatan tingkat kabupaten/kota yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebenaranya telah terdapat  empat jenis analisis yaitu:

  1. Analisis Deskriptif adalah upaya menggambarkan/menjelaskan data yang terdapat dalam tabel sesuai karakteristik data yang ditampilkan, termasuk angka rata-rata, angka minimum dan maksimum. Misalnya nilai rata-rata cakupan imunisasi bayi, kisaran cakupan imunisasi bayi.
  2. Analisis Komparatif adalah upaya menjelaskan data dengan membandingkan karakteristik data wilayah yang satu dengan wilayah lainnya atau perbandingan data antar waktu, antar jenis kelamin, antar kelompok umur. Misalnya perbandingan cakupan K4 antara Puskesmas A dengan Puskesmas B.
  3. Analisis Kecenderungan adalah upaya untuk menjelaskan data dengan membandingkan data antar waktu dalam periode yang relatif panjang. Misalnya kecenderungan jumlah penderita DBD selama lima tahun terakhir.
  4. Analisis Hubungan adalah upaya untuk menjelaskan hubungan/keterkaitan antara variabel yang satu dengan variabel lainnya, misalnya cakupan K4 dengan pemberian 90 tablet Fe.

Keempat jenis analisis tersebut, tidak dilengkapi dengan perangkat analisisnya, padahal untuk memaksimalkan analisis ini dibutuh perangkat analisis. Dalam program computer microsoft excel sebenarnya sudah ada  fasilitas  data analysis yang dapat digunakan oleh  petugas kesehatan, namun fasilitas data analisis ini belum terlihat dalam tampilan data halaman microsoft excel. Berikut ini cara menampilkannya :

BUKA  halaman excel, dimulai dari START — > tekan Microsoft Excel —> terbuka halamannya kemudian tekan “office botton” seperti terlihat gambar dibawah ini,

 

dan kemudian muncul halaman,

Lanjutkan bagian tersebut tekan tombol “excel option” akan muncul halamannya,

dan terus tekan “Add Ins”, muncul halamanya kemudian tekan ”Analysis toolPak” atau ”Analysis toolPak-VBA” lanjutkan dengan menekan ”Go”,

Akan muncul halaman “Add Ins”

Aktifkan (centeng) “Analysis ToolPak” dan “Analysis ToolPak-VBA”, tekan OK, tunggu sementara berproses, dalam  kurang lebih satu menit akan muncul ”data Analysis” pada bagian tombol Data.

 

Data-data  pada tabel halaman excel kemudian dapat dibuat analysis data sesuai keperluan, yang termuda dan sederhana serta dapat memberikan interpretasi terukur dari ke empat analysis diatas (deskripsif, Kecenderungan, komparasi dan hubungan), ————- tekan saja tombol data analysisnya——— misalnya “Descriptive Statistics” dan “Regression”.

Silakan mencoba, kalau anda kesulitan mengaktifkan Data Analysis pada computer program microsoft excel dapat ajukan pertanyaan pada komentar dibawah.

Bersambung :  Meregresi Kematian Ibu di Polewali Mandar Dengan Program Microsoft Excel.

———————————–

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

2 Responses to Aktifkan Data Analysis Dalam Program Microsoft Excel

  1. Keyla Malik mengatakan:

    terima kasih pak atas infonya.

  2. Fandya mengatakan:

    Assalamualaikum. Pak arsad, waktu itu saya sedang guggling dg keyword “daftar peralatan alkes rs class c” dan nyambungngya ke link pdf milik bapak… Yang saya mau tanyakan, itu sumbernya darimana pak? apa dari depkes nya? Terima kasih atas jawabannya

    arali2008 menjawab.
    dari kemenkes, namun mohon maaf itu sepertinya sudah di update ulang, data yang terbaru belum saya miliki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: