Puskesmas Pekkabata Kecamatan Polewali

Kepala Puskesmas Pekkabata Hj. Murni Aisyah

Polewali Mandar Sulawesi Barat.— Puskesmas seharusnya sudah dapat mempersiapkan masyarakat diwilayah kerjanya dapat hidup dalam lingkungan yang sehat —– setidaknya dalam rumah yang sehat——- dan berperilaku hidup bersih dan sehat, jika sakit dapat mengakses pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas dan jaringnnya secara adil dan merata, namun kenyataannya ketika penulis melakukan kunjungan ke Puskesmas Pekkabata dan melakukan wawancara tentang pelayanan di Puskesmas Pekkabata ini, Ibu Murni (Kepala Puskesmas Pekkabata yang akan Pensiun di Bulan Desember 2010) mengatakan “ Yang menjadi masalah pokok di Puskesmas ini adalah jumlah tenaga  kesehatan yang memberikan pelayanan rawat jalan dan pelayanan  lainnya yang tidak sebanding” ungkapnya sambil sibuk menandatangi laporan-laporan bulanan hasil dari pelayanan kesehatan yang dilaksanakan program pokok puskesmas untuk dikirim ke Dinas Kesehatan Kabupaten (Polewali Mandar) dan instansi terkait.

Puskesmas Pekkabata adalah salah satu  dari dua Puskesmas (Puskesmas Massenga dan Puskesmas Pekkabata)  yang ada di Kecamatan Polewali dan salah satu dari 20 Puskesmas yang ada di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat.  Puskesmas Pekkabata   dengan jenis pelayanan  Puskesmas non keperawatan beralamat di jalan Budi utomo  nomor 11 Polewali ini dan nomor telepon 0428-22540.

Puskesmas ini mempunyai karakteristik   sebagai Puskesmas wilayah perkotaaan  atau puskesmas yang berada di Pusat perkantoran Pemerintah Kabupaten Polewali  Mandar mempunyai wilayah kerja  dengan 5 Kelurahan yaitu

  1. Kelurahan Takatidung
  2. Kelurahan Manding
  3. Kelurahan Pekkabata
  4. Kelurahan Madatte dan
  5. Kelurahan Darma

Dengan wilayah kerja ini , luas wilayah kerja Puskesmas Pekkabata  seluas 16.09 Km2, dengan batas-batas

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Anreapi wilayah kerja Puskesmas Anreapi
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas Massenga masih merupakan wilayah Kecamatan Polewali yang sebelah Timurnya berbatasan dengan wilayah Kecamatan Binuang
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Teluk Mandar (Laut Sulawesi)
  4. Dan Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Matakali wilayah Kerja Puskesmas Matakali.

Secara administrasi Puskesmas ini  berada di ibu Kota Kecamatan Polewali, sekaligus juga merupakan ibu kota Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat. Letak geografisnya merupakan daerah   dengan daratan rendah  dan daerah pantai laut teluk Mandar.  Kelurahan  yang berada di  daerah pantai yaitu kelurahan Takatidung dan kelurahan Manding. Yang lainnya  merupakan  yaitu kelurahan Pekkabata, Maddate dan Darma merupakan  daerah dengan letaknya berada di  daratan rendah.

Kondisi Puskesmas Pekkabata sampai dengan tahun 2010 dalam kondisi yang sangat baik, karena Puskesmas ini pada tahun anggaran 2009 mendapatkan anggaran pengembangan pembangunan Puskesmas yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Departemen Kesehatan RI tahun 2009.

Gedung Puskesmas Pekkabata Yang lama yang berfungsi sebagai Pusat Pelaksanaan Program dan Gedung Baru sebagai Pusat Pelayanan Rawat Jalan bagi Penduduk di Wilayah Kerjanya

 

Dalam melaksanakan pelayanan kesehatan masyarakatnya  Puskesmas Pekkabata di lengkapi dengan ketenagaan  sebanyak 27 orang  yang terdiri dari

  1. Satu orang dokter umum
  2. Satu orang dokter gigi
  3. Enam orang tenaga perawat
  4. Satu orang tenaga perawat gigi
  5. Delapan orang bidan  yang terdistrbusi pada puskesmas, poskesdes dan desa.
  6. Satu tenaga apoteker
  7. Satu orang tenaga sanitarian
  8. Satu orang petugas gizi
  9. Dua orang tenaga pekarya
  10. Satu orang tenaga pengelola tata-usaha dan
  11. Satu orang sopir mobil Puskesmas Keliling.

Disamping ketenagaan  Puskesmas Pekkabata juga mempunyai  kegiatan Usaha Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM)  yaitu 1 Poskesdes (Manding) dan 21 Posyandu yang semua posyandu berstrata Madya.

Untuk kegiatan kesehatan luar gedung Puskesmas Pekkabata di Lengkapi dengan satu mobil roda empat dan beberapa kendaraan roda dua dan beberapa jaringannyanya yaitu 3 Pustu (Puskesmas Pembantu) yaitu Pustu Takatidung, Pustu Darma dan Pustu Maddate.

Ketika Penulis melakukan update Puskesmas Pekkabata diawal bulan Oktober 2010, Puskesmas ini telah membagi  jenis pelayanan kesehatan  menjadi dua tempat. Tempat yang pertama  yang merupakan gedung lama merupakan tempat pelayanan program pokok Puskesmas  yaitu Program Keseahatan Ibu dan Anak, Program Bina gizi, Program Kesehatan Lingkungan, Program Promosi Kesehatan dan Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit. Sementara Gedung yang baru yang merupakan gedung baru pengembangan ditahun 2009 di tempati pelayanan  rawat jalan  dan uga berfung sebagai kantor  dari Kepala Puskesmas ibu Hj. Murni Aisyah.

Ketika penulis melakukan kunjungan ke Puskesmas Pekkabata dan melakukan wawancara tentang pelayanan di Puskesmas Pekkabata ini, Ibu Murni mengatakan “ Yang menjadi masalah pokok di Puskesmas ini adalah jumlah tenaga  kesehatan yang memberikan pelayanan rawat jalan dan pelayanan kesehatan  lainnya tidak sebanding” ungkapnya sambil sebuk menandatangi laporan-laporan bulanan hasil dari pelayanan kesehatan yang dilaksanakan program pokok puskesmas untuk dikirim ke Dinas Kesehatan Kabupaten (Polewali Mandar) dan instansi terkait.

Rata-rata kunjungan rawat jalan pada Puskesmas Pekkabata tiap harinya berjumlah antara 70-150 perhari. Ibu murni menjelaskan bahwa “ jika hari pasar di Pasar Sentral Polewali masyarakat di wilayah kerja Polewali sambil berbelanja mereka juga akan berkunjungan ke Puskesmas ini untuk mendapatkan rawat jalan, jumlahnya tiap hari pasar rata-rata 150 pengunjung, sementara diluar hari pasar rata-rata 70 pengunjung, dalam satu  minggu ada 3 kali hari pasar”

Secara demografis, sebagian besar penduduknya kurang lebih 30 ribuan jiwa, adalah suku Mandar yang menganut agama islam dan beberapa suku lain yang cukup dominan misalnya bugis dan Mamasa serta beberapa suku lainnya, meraka ada yang beragama Islam, Kristen, Hindu dan dilengkapi  dengan sarana ibadah berupa mesjid, musollah dan gereja.

Bahasa Mandar merupakan bahasa sehari-hari terutama dalam lingkungan keluarga keculai pendatang, namun dalam lingkungan perkantoran, sarana pendidikan (sekolah), mereka menggunakan bahasa Indonesia.

Mata pencaharian masyarakat di wilayah kerja Puskesmas ini sebagai besar adalah petani yang kadang merangkap sebagai pengusaha (wiraswasta), ada juga PNS, TNI/POLRI. Dalam satu keluarga  mereka kadang mempunyai mata pencaharian lebih dari satu, hal ini bisa dimaklumi karena  masyarakat berada di wilayah ibu kota Kabupaten Polewali Mandar di mempunyai potensi usaha lebih dari satu terbuka, peluang ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Sementara itu tingkat pendidikan masyarakatnya cenderung  masih sangat rendahnya atau berada pada SMP-SMA,  bahkan ada sebagian yang hanya tamat SD merupakan tantangan  bagi petugas kesehatan untuk menyampaikan pesan-pesan untuk selalu   berperilaku hidup bersih dan sehat agar masyarakat mempunyai status kesehatan yang sebaiknya-baiknya.

Untuk status kesehatan  masyarakat yang berada diwilayah kerja Puskesmas Pekkabata dari laporan tahunnya  memperlihatkan hasil yang  cukup baik misalnya saja  jumlah kematian ibu maternal yang sudah jarang ditemukan, kecuali kematian ibu  luar gangguan kesehatan masih sering ditemukan, demikian juga dengan kematian bayi tiap tahunnya hanya ditemukan 3-7 kematian dari  rata-rata 550 kelahiran hidup tiap tahunnya.

Sementara itu angka kesakitan  pola penyakit berdasarkan kunjungan rawat jalan Puskesmas dalam tiga tahun terakhir (2007-2010), disamping penyakit menular yang sering muncul juga ditemukan beberapa penyakit tidak menular yang sudah memperlihatkan kasus yang cukup banyak. Pola kunjungan penyakit berdasarkan kunjungan rawat jalan ini  adalah

  1. ISPA masih merupakan  penyakit terbanyak  yaitu rata-rata tiap tahunnya sekitar 8500-9000 penderita
  2. Hipertensi rata-rata tiap tahunya berkisar 1500-1800 penderita
  3. Penyakit dalam rata-rata tiap tahunnya berkisar 1250-1500 penderita
  4. Penyakit Gatal-gatal (alergi)  rata-rata tiap tahunnya berkisar 900-1100 penderita
  5. Infeksi Mata rata-rata tiap tahunnya berkisar 600-900 penderita
  6. Penyakit yang berhubungan dengan gigi (gigi pulpa dan karies gigi) rata-rata tiap tahunnya 1250- 1500 penderita
  7. Rematik rata-rata tiap tahunnya berkisar 500-700 penderita
  8. Diare rata-rata tiap tahunnya berkisar 400-500 penderita

Khusus untuk cakupan pelaksanaan program Pokok Puskesmas, beberapa Program telah mencapai cakupan standar pelayanan minimal, Misalnya cakupan pelayanan K1 dan K4 telah berada di atas presentase 80%, persalinan tenaga kesehatan telah berada diatas 90%, termausk juga pemberian Imunisasi Semua Kelurahan di wilayah Kerja Puskesmas Pekkabata telah mencapai UCI 80%.

Namun Ada beberapa program yang masih mendapatkan perhatian diantaranya

  1. Pemantauan pertumbuhan berat-badan balita di Posyandu yang cakupannya masih sangat rendah. Ada pendapat yang berkembang pada masyarakat bila bayi telah diimunisasi maka anak tidak perlu lagi dibawah ke Posyandu untuk kegiatan-kegiatan pemantauan kesehatan lainnya, sehingga tidak heran masih sering anak-anak tiba-tiba ditemukan menderita gizi kurang bahkan gizi buruk.
  2. Hal  yang cukup juga mendapat perhatian adalah  cakupan  pemeriksaan kesehatan pada anak SD/MI rata-rata tiap tahunnya hanya berkisar 15-25% anak yang diperiksa.
  3. Masyarakat yang hidup dalam lingkungan yang sehat khususnya rumah yang sehat juga masih ditemukan dengan presentase  rata-rata sekitar 30-50% rumah sehat. Padahal salah salah gambaran keberhasilan kesehatan  masyarakat adalah mereka masyarakat dapat hidup dalam lingkungan (rumah) yang sehat termasuk didalam komponen-kompnen sanitasi dasar dan sarana air bersih yang harus selalu ada pada suatu rumah.

———————————————————————————————-

Baca juga tulisan terkait

  1. Up Date Puskesmas Binuang Kecamatan Binuang
  2. Bagian Pertama : Puskesmas dengan Wilayah Pantai di Polewali Mandar
  3. Bagian Kedua : Nama, Alamat dan wilayah kerja Puskesmas Se-Polewali Mandar
  4. Akses Rumah Tangga Terhadap Air Bersih di Polewali Mandar.
  5. Pusat Kesehatan Masyarakat Tutallu Polewali Mandar
  6. Pedoman Pengelolaan Program Gizi Puskesmas
  7. Musrenbang Kecamatan Kab. Polewali Mandar Th. 2010
  8. Gambaran Kesehatan Masyarakat Mamasa Prop. Sulawesi Barat
  9. Hasil Penyelidikan KLB Diare Di Kec. Luyo Polewali Mandar
  10. Status Pelayanan RSUD Polewali Mandar.

———————————————————————————————-

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemilogi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat.

Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

One Response to Puskesmas Pekkabata Kecamatan Polewali

  1. What a great blog. I spend days on the internet reading blogs, about tons of different subjects. I have to first of all give kudos to whoever created your website and second of all to you for writing what i can only describe as an amazing post. I honestly believe there is a skill to writing articles that only a few posses and frankly you have it. The combination of informative and quality content is definitely extremely rare with the large amount of blogs on the internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: