Indeks Komposit MDGs (IKMDGs) Kesehatan Ibu adalah Prioritas

Polewali Mandar Sulawesi Barat.– “Masalah  sudah diketahui, penyebabnya sudah diketahui pula, bahkan akibat sudah dapat diprediksi demikian pula  solusi telah dibuat, bisa berhasil hanya dengan keberpihakan, kepedulian dan komitmen dan bekerja berdasarkan data” adalah jawaban saya pada beberapa waktu lalu kepada Tim BSPS Pusat RI dalam suatu pertemuan Diskusi yang menanyakan kepada saya tentang  peran yang dapat saya lakukan terhadap  angka-angka yang ditunjukkan pada Indeks Komposit MDGs Polewali Mandar Tersebut.

Gambar disamping adalah gambar indicator Komposit MDGs  dan selanjutnya disingkat  IKMDGs merupakan indeks komposit yang memberikan bobot sama terhadap masing-masing tujuan, karena di dalam penghitungannya pada tahap awal dipilih terlebih dahulu indikator-indikator yang memungkinkan dari setiap kelompok tujuan MDGs

Secara khusus indeks komposit MDGs akan  memberikan gambaran atau pandangan mengenai seberapa jauh capaian MDGs  kabupaten —–dapat juga dipergunakan untuk kecamatan…….  Dengan memanfaatkan indikator-indikator yang dihasilkan dari survei MDGs di tingkat kecamatan/kabupaten Polewali Mandar, sudah dapat terpenuhi untuk menghasilkan Indeks Komposit MDGs (IKMDGs) Polewali Mandar, seperti yang terlihat diatas.

Nilai dari indicator komposit adalah “0″ nilai terendah atau nilai yang menujukkan keadaan buruk dan “1″ nilai tertinggi atau nilai yang menunjukkan keadaan baik yang dilihat nilai indicator komposit MDGs yang ada, semisal Indeks Komposit MDGs Polewali Mandar pada gambar diatas.

Pada gambar diatas, dapat saya urutkan tujuan-tujuan MDGs Polewali Mandar dengan nilia indeks kompositnya dimulai dari urutan nilai terendah sampai tertinggi adalah

  1. Tujuan 5 MDGs meningkatkan kesehatan ibu  dengan nilai kompositnya 0.44.
  2. Tujuan 7 MDGs memastikan kelestarian lingkungan hidup dengan nilai komposit 0.47
  3. Tujuan 2 MDGs mencapai pendidikan dasar untuksemua dengan nilai komposit 0.51
  4. Tujuan 3 MGDs mendorong kesetaraan jender dan pemberdayaan perempuan dengan nilai komposit 0.56
  5. Tujuan 1 MDGs menanggulangi kemiskinan dan kelaparan dengan nilai komposit 0.58
  6. Tujuan 4 MGDs menurunkan angka kematian anak dengan nilai komposit  0.61
  7. Sementara nilai terbaik didapat Tujuan 6 MDGs memerangi HIV/AIDS dan Penyakit menular  lainnya  dengan nilai kompositnya adalah  0.78

Atau dengan menggunakan gambar —– agar dapat jelas terlihat urutannya— akan terlihat jelas urutan yang terendah sampai dengan yang tertinggi, dapat saya sajikan sebagai berikut :

Dari nilai komposit  7 tujuan MDGs, tujuan 5 adalah nilai yang terendah sekaligus menunjukkan  keadaan atau gambaran pencapaian MDGs dimana kesehatan ibu adalah masalah prioritas utama untuk segera ditanggulangi. Indikator-indikator pencapaian Tujuan 5 MDGs meningkatkan kesehatan ibu yang berkontribusi terhadap nilai kompositnya sudah selayaknya harus mendapat prioritas pula, indicator-indiktor tersebut adalah

  1. Proporsi pertolongan kelahiran (PPK) oleh tenaga kesehatan terlatih (PPKT)
  2. Status gizi wanita usia 15-49 tahun (LILA)
  3. Persentase kunjungan K4 untuk ibu hamil (K4)
  4. Angka pemakaian kontrasepsi perempuan menikah usia 15-49 tahun (PUS KB)
  5. Persentase remaja (15-24 tahun) yang mendapatkan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi  (REPRO)

Indikator-indikator pencapaian Tujuan 5 MDGs ini saya telah jabarkan dalam tulisan Pencapaian Tujuan 5 MDGs Kabupaten Polewali Mandar, termasuk penjelasan indikator-indikator Tujuan 5 MGDs. Bahkan Tim DTPS Kabupaten Polewali Mandar yang selalu melakukan diskusi tentang Peningkatan Kesehatan Ibu telah berhasil menyimpulkan sebagaimana tulisan saya dalam blog ini bahwa ibu-ibu hamil semakin dekat dengan persalinan kepedulian orang-orang disekitarnya semakin berkurang.

Pada tulisan ini saya hanya ingin kembali memberikan penegasan sekaligus juga merupakan jawaban dari berbagai kalangan (LSM maupun para Narasumber MDGs Pusat) disamping pertanyaan dari BPS Pusat seperti yang saya sebutkan diatas, yang selalu mempertanyaan kegunaaan data dan kegiatan-kegiatan MDGs pada tingkat Kabupaten Polewali Mandar, terutama  yang berhubungan dengan tujuan 5 MDGs Peningkatan Kesehatan Ibu.

Jawaban saya  bahwa dari angka-angka pencapaian MDGs baik melalui survey MDGs maupun Data Sektotal MDGs telah menunjukkan :

  1. Masalah peningkatan kesehatan ibu telah diketahui yaitu kesenjangan-kesenjangan terhadap yang diharapkan  dan yang telah terjadi/tercapai dari capaian yang ada pada indikator-indikator MDGs
  2. Penyebab  dari masalah kesehatan ibu bahkan telah diketahui pula yaitu dari indikator-indikator penyebab langsung maupun tidak langsung dari masalah utama kesehatan ibu yaitu masih sering terjadi kematian ibu ketika hamil, bersalin maupun nifas. Seperti pada tulisan saya yang berjudul gambaran kematian ibu karena pendarahan di Kabupaten Polewali Mandar.
  3. Angka-angka dalam MDGs peningkatan kesehatan ibu juga telah dapat menunjukkan atau dapat memprediksi akibat yang akan terjadi bila tidak dilakukan tindakan pencegahan (preventif) atau preaction. Misalnya saja dari Kasus Kematian ibu  di Kabupaten Polewali Mandar menunjukkan tiap 3 minggu telah terjadi 1 kematian ibu.
  4. Solusi untuk tindakan pencegahan terhadap penurunan kesehatan ibu bahkan telah diketahui pula misalnya saja adanya kemitraan bidan dan dukun dimana dukun dilarang melakukan pertolongan persalinan tetapi tetap diakui sebagai pendamping ibu hamil ketika hendak  bersalin.
  5. Keberpihakan, kepedulian dan konsistensi birokrasi kesehatan yang masih sangat lemah terutama pada jajaran birokrasi menengah kebawah. Pada TOP Leader telah menunjukan keberpihakan, kepedualian dan konsisteni yang baik, namun pada tingkat penjabarannya masih sangat lemah yaitu mereka para birokrasi kesehatan yang berada pada tatanan menengah, gagalnya penjabaran kebijakan dari TOP LEADER membuat tenaga provider (tenaga kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat) hanya melaksanakan kegiatan yang bersifat rutin
  6. Dan yang terakhir adalah data-data MDGs baik survey maupun sektoral, menunjukkan bahwa keberhasilan pencapaian tujuan MDGs terutama Tujuan kelima : Peningkatan Kesehatan Ibu hanya bisa dicapai dengan menggunakan DATA. Namun sangat ironis belum semua bekerja berdasar data misalnya saja dalam menjabarkan suatu tujuan kegiatan tidak menggunakan data (sasaran) yang benar.

Ringkasnya Data-Data MDGs Polewali Mandar

Masalah telah diketahui

Penyebab telah diketahui pula

Akibat bisa dipredikasi

Bahkan Solusi telah ditemukan

Dan hanya dapat dilakukan dengan Keberpihakan, Kepedulian dan konsistensi

Serta bekerja berdasarkan DATA

Dari uraian diatas dan saya cuma bisa mengharap atau juga  merupakan  kontribusi dari seorang  petugas kesehatan yang bekerja di tingkat kabupaten sebagai pejabat fungsional  epidemiologi kesehatan ahli, kiranya Peningkatan Kesehatan Ibu  seharusnya bisa menjadi Prioritas  utama dalam pencapaian MGDs disamping karena datanya menunjukkan nilai terendah juga kesehatan ibu  merupakan indikator status perkembangan dan kelangsungan hidup serta kesehatan ibu  juga merupakan output dari indicator-indikator tujuan MDGs lainnya misalnya : mendorong kesetaraan jender dan pemberdayaan perempuan tentunya upaya yang dilakukan  mempunyai output peningkatan kesehatan dan kesejahteraan ibu.

Indikator-indikator Tujuan MDGs lainnya pada dasarnya, ibu merupakan sasaran utama untuk mencapai tujuan-tujuannya. Artinya Peningkatan Kesehatan (kesejahteraan) ibu akan mudah tercapai bila indikator-indikator  Tujuan MDGs lainnya telah membaik, walaupun bobot dari Nilai Indeks Komposit MDGs tujuan kelima diatas seperti yang ditunjukkan diatas sama masih rendah, tetapi pada dasarnya sudah menunjukkan struktur yang membaik, karena alangkah ganjilnya bila tujuan MDGs Kelima telah menunjukkan  nilai yang tinggi sementara  tujuan lainnya masih rendah.

Baca juga tulisan terkait

  1. Tata Cara dan Syarat Pengajuan Dana BOK tahun 2011
  2. Inisiasi Menyusui Dini dan ASI Eksklusif di Polewali Mandar
  3. Menelaah Hasil Cakupan K1-ANC Program Kesehatan Ibu dan Anak
  4. Jumlah Kematian Ibu dan Bayi Dapat Diprediksi
  5. Angka Kematian Ibu Tinggi atau Rendah.
  6. Tiga Unsur Utama Penyebab Langsung Kematian Ibu
  7. Pelatihan Asuhan Persalinan Normal II, P2KP Polewali Mandar
  8. Identifikasi Kematian Ibu Karena Pendarahan di Polewali Mandar
  9. Capaian MDGs Peningkatan Kesehatan Ibu di Polewali Mandar

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

About these ads

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

5 Responses to Indeks Komposit MDGs (IKMDGs) Kesehatan Ibu adalah Prioritas

  1. la kush mengatakan:

    Nice post. I be taught one thing more difficult on completely different blogs everyday. It should always be stimulating to read content material from different writers and observe a little bit something from their store. I’d desire to make use of some with the content on my weblog whether or not you don’t mind. Natually I’ll give you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  2. sundari mengatakan:

    saya sangat prihatin dengan masalah kesehatan ibu dan anak di polman. dari berbagai kasus yang saya perhatikan menurut saya penyebabnya adalah kualitas dari tenaga kesehatan,, kualitas ini dari segi knowledge, skill, serta behavior. jadi untuk itu jika ingin mengadakan peningkatan kualitas tenaga kesehatan ya tiga2nya harus diiku sertakan.

    arali2008 menjawab
    Knowledge dan skill, serta behavior merupakan kunci dari profesionalisme tenaga kesehatan…….

  3. Glen mengatakan:

    artikelnya menarik gan,salama kenal

    arali2008 menjawab
    salam kembali. thank You

  4. jual sepatu mengatakan:

    informasinya sgt bermanfaat

  5. wahyu nurudin mengatakan:

    MDGs itu apa ya?

    arali2008 menjawab
    MDGs itu adalah kesepakatan dan komitmen bersama serta kepedulian negara-negara di Dunia untuk menyelenggaran pembangunannya (Development) dengan tujuan (Goals) yang telah ditentukan dan diupayakan dapat dicapai di abad ke 21 (Milinium) atau tepat ditahun 2015, setiap negara harus menjabarkannya atau ke tingkat distrrik pemerintahan terendah. Capaiannya untuk Kabupaten POlewali Mandar sebagaimana saya jelaskan diatas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 88 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: