Akses dan Pelayanan Prima Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat

Bapak Ali Baal Masdar

Polewali Mandar Sulawesi Barat.@arali2008— Selagi Bapak Ali Baal Masdar punya niat ingin terus menjadi seorang pemimpin di Polewali Mandar bahkan Sulawesi Barat, dalam hal pembangunan kesehatan ataupun pembangunan lainnya,  selalu membuat kebijakan berdasarkan tiga pertimbangan. Pertama; Memperhatikan Masalah  dan atau persoalan  kesehatan yang terus berulang setiap tahunnya, Kedua ; Membuat Tujuan  yang jelas, spesifik, dan terukur. Dan Ketiga ; Memiliki Dasar Hukumnya, ada aturan yang dipakai untuk menyelesaikan masalah dengan tujuan yang tepat, jelas, spesfik dan terukur.  Penulis bisa pastikan Beliau akan terus menjadi Seorang Pemimpin.

Merupakan inti sari tulisan dengan judul Akses dan Pelayanan Prima Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat.  Judul yang diberikan oleh direktur Pustaka Media  Paqbanua Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat  Bapak Fadhly Anwar, melalui suratnya nomor : 029/pm-paqbanua/IV/2011 tertanggal 22 April 2011 perihal permohonan kontribusi opini penerbitan Buku “ Sosok dan Pemikiran Ali Baal Masdar” Surat ini sebenarnya ditujuhkan kepada Bapak dr. H. Ayub Ali, MM  ( Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar).  Entah kenapa surat ini diberikan kepada penulis melalui dr. Hj. Syamsiah M.Sc dan Muhammad Anwar, SKM.MPH,  untuk dibuatkan tulisan dari beberapa laporan kegiatan pembangunan kesehatan Kabupaten Polewali Mandar terkini yang dihubungkan dengan kepemimpinan Bupati Polewali Mandar (Bpk Ali Baal Masdar), sehari sebelum batas waktu yang ditentukan oleh Pustaka Media.

Diberikan dalam rangka penerbitan  profil/Biografi Bapak Alibal Masdar yang rencananya akan diberikan  judul  “ SOSOK DAN PEMIKIRAN ALI BAAL MASDAR” Dan rencananya akan diterbitkan oleh Pustaka Media Paqbanua bekerja sama dengan Nasional Demokrat Sulawesi Barat pada tanggal 20 Mei 2011. Dan tulisan ini hanya merupakan draf yang masih mentah, yang masih perlu diolah untuk pembuatan buku tersebut.

Karena hanya ada waktu sehari, karena tidak ada waktu untuk mengobservasi lebih mendalam,  akhirnya saya hanya menulis  sebagaimana yang ada pada tulisan-tulisan yang ada pada blog penulis. merupakan opini berdasarkan faka empiris  dari hasil pembangunan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar. Ditulis dari sudut pandang kebijakan-kebijakan  pembangunan kesehatan yang dikeluarkan Oleh Bupati Polewali Mandar (Bpk ALI BAAL MASDAR). Dengan menguraikan judul yang diberikan ——–Akses dan Pelayanan Prima Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat———–dalam tiga komponen pembahasan. Pertama : Akses  ke Sarana Pelayanan Kesehatan, Kedua: Pelayanan kesehatan oleh petugas kesehatan. Dan ketiga ; Masyarakat sebagai penerima pelayanan kesehatan.

Hasilnya Kebijakan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar  yang dinakodai Bupati Ali Baal Masdar, dalam hal pembangunan kesehatan  selalu dibuat berdasarkan tiga pertimbangan. Pertama; Memperhatikan Masalah  dan atau persoalan  kesehatan yang terus berulang setiap tahunnya, Kedua ; Membuat Tujuan  yang jelas, spesifik, dan terukur. Dan Ketiga ; Memiliki Dasar Hukumnya, ada aturan yang dipakai untuk menyelesaikan masalah dengan tujuan yang tepat, jelas spesfik dan terukur.

Ingin download Tulisanya silakan tekan gambar

Jika ketiga pertimbangan ini benar-benar dapat difahami dan dilaksanakan oleh bawahan sang Bupati hasil sebenarnya dapat dipastikan dapat  mengendalikan permasalahan-permasalahan kesehatan masyarakat di Polewali Mandar untuk tidak dikatakan atau dikategori sebagai masalah-masalah kesehatan masyarakat ditingkat masyarakat Polewali Mandar, regional Sulawesi Barat  bahkan Indonesia.

Gambaran terkini ternyata  hasil pelayanan kesehatan  masih berproses, bergerak menuju pada peningkatan pencapaian-pencapaian tujuan akhir pembangunan kesehatan yaitu peningkatan derajat kesehatan yang optimal sebagai bagian dari kesejahteraan masyarakat, Hal ini dapat dilihat Posisi ditahun 2010 Hasil pembangunan kesehatan masyarakat, dengan menggunakan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat  (IPKM) sebagai operasionalisasi dari IPM (Indeks Pembangunan Manusia) bidang Kesehatan, Kabupaten  Polewali Mandar  masih dikategorikan sebagai daerah bermasalah kesehatan tingkat Ringan. Tetapi bukan hal yang mustahil dengan pencapaian SPM (Standar Pelayanan Minimal) yang sudah berada diatas rata-rata 60%,  3-5 tahun kedepan Kabupaten Polewali Mandar akan keluar dari wilayah yang dikatakan sebagai Daerah Bermasalah Kesehatan.

opini dari fakta empiris

Catatan

Di tahun 2004, Penulis pernah juga memberikan masukan, kritikan, gagasan dan pemikiran terhadap visi dan misi yang akan dipakai  Bapak Ali Baal Masdar, yaitu “Pemerintahan Yang Bersih dan Terpercaya” ketika itu beliau mencalonkan diri menjadi Calon Bupati Polewali Mamasa (Sekarang Polewali Mandar) bersama Bapak Yusuf Tuali (periode pertama mencalonkan diri menjadi Bupati). Namun tulisan tersebut dipakai atas nama dr. H. Achmad Azis M.Kes yang ketika itu menjabat Kepala Dinas Kesehatan. Bapak dr. H. Achmad Azis sendiri waktu itu mendukung Bapak  Hasyim Manggabarani (Almarhum) sebagai Bupati Polewali Mamasa (sekarang Polewali Mandar) yang mencalonkan diri kembali sebagai Bupati untuk periode kedua kalinya.

“Inti dari tulisan penulis waktu itu adalah keberhasilam pembangunan di suatu kabupaten tidak semata-mata atau mutlak berhasil dengan adanya pemerintahan yang bersih dan terpercaya saja, tetapi sangat dipengaruhi dan mempengaruhi juga oleh dunia usaha (pasar), masyarakat dan keluarga serta tentunya pemerintahan yang merupakan sistem dan sub sistem, mempunyai organisasi, sumber daya dan kegiatan tersendiri dalam pembangunan di suatu daerah setingkat kabupaten”, 

Pada  pemilihan pencalonan Bupati tersebut akhirnya Bapak Ali Baal Masdar dan Bapak Yusuf Tuali, terpilih oleh anggota DPRD Polewali Mamasa (sekarang Polewali Mandar) sebagai Bupati dan Wakil Bupati. Melalui bapak dokter Ahmad Azis, mengatakan kepada penulis bahwa Bapak Bupati (Ali Baal Masdar) mengucapkan terima kasih kepada Dokter Achmad Azis yang telah memberikan dukungan, masukan, kritikan, gagasan dan pemikiran terhadap visi dan misi khususnya yang berhubungan dengan kesehatan yang akan dilaksanakan selama kepemimpinannya, semoga bermanfaat demi kemajuan masyarakat Polewali Mandar mencapai kesejahteraannya, dalam kepemimpinan Bupati yang telah terpilih  kedua kalinya, Insya Allah.. Amien!

Baca juga tulisan terkait

  1. Bedah Konsep Strategi RPJPM 2007-2012 Propinsi Sulawesi Barat
  2. Membijaksanai Program Jaminan Persalinan Tahun 2011
  3. Surat Dari Habib Imran Untuk Bupati Polewali Mandar
  4. Proyeksi dan Prediksi Kebijakan Kesehatan Polewali Mandar.
  5. HKN Ke 45 dan 50 TAHUN KABUPATEN POLEWALI MANDAR
  6. HKN-45: Ksatria Bakti Husada Arutala Bupati Polewali Mandar
  7. Strategi Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
  8. Peran Kepala Dinas Kesehatan dalam Pemberdayaan Masyarakat Penyediaan Air Bersih Pedesaan
  9. Mungkinkah Dewan Kesehatan Kabupaten (DKK) Polewali Mandar Dapat Berfungsi
  10. Di Balik Layar Kepemimpinan dan Mutasi Kepala Dinas Kesehatan Polewali Mandar

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: