Kosong ! Jabatan Strategis Operasional Tehnis Dinkes Polewali Mandar.

Polewali Mandar Sulawesi Barat.@arali2008.— Jabatan Strategis Operasional tehnis Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar dalam keadaan kosong. Jabatan strategis operasional tersebut adalah Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar, Kepala Seksi wabah dan bencana (termasuk kegiatan survailans epidemiologi). Dan Kepala Unit Pelaksanan Tehnis penunjang Kesehatan Keluarga.

Ketiga jabatan ini adalah jabatan structural setingkat eselon IV, sebagaimana jabatan structural eselon IV lainnya  pada lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar yang menggunakan struktur organisasi pola maksimal ini, sebagian besar tugas dan fungsinya adalah bersifat operasional tehnis.  Dari keseluruhan jabatan yang bersifat operasional tehnis,  ketiga jabatan ini sangat-sangatlah strategis dalam melaksanakan tugas dan fungsi Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar  sebagai pelaksana kegiatan pelayanan kesehatan harian dan mingguan yang bersifat menyeluruh secara promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Ketiga jabatan ini mempunyai jaringan fungsional tehnis sampai ke unit-unit pelayanan  operasional langsung atau yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dimulai dari  pelayanan di Puskesmas, puskesmas pembantu, poskesdes, posyandu  bahkan sampai keunit –unit pelayanan swasta baik  yang bersifat mandiri maupun kelompok. Seksi-seksi yang lainnya  pada struktur organisasi Dinas Kesehatan Polewali Mandar tidak sampai mempunyai jaringan  seluas ketiga jabatan ini, walaupun sama,  pelayanan harian dan mingguannya tidaklah ditemukan sebagaimana yang terdapat  dalam  ketiga jabatan tersebut.

Kekosongan ketiga jabatan tersebut diatas sudah dimulai sejak bulan September 2011. Jabatan seksi Pelayanan Kesehatan Dasar (Hj. Rahmawati,SKM) dan UPT Kesehatan Keluarga (Bidan Hj.Endang Ratih) ditinggal kosong pejabatnya karena telah memasuki masa pensiun. Dan jabatan seksi wabah dan Bencana (Djamaluddin, SKM) ditinggal kosong karena sementara mengikuti pendidikan lanjut. Selama tiga bulan (Oktober-Desember) ditahun 2011  bahkan memasuki bulan Januari tahun 2012 kegiatan operasionalnya hanya dilaksanakan oleh staf masing-masing pejabat tersebut. Otomatis keputusan-keputusan strategis operasional tehnis untuk dipergunakan pada jaringan fungsional pelayanannya dan juga sebagai bahan keputusan kebijakan untuk atasannya tidak dilakukan, akibatnya bisa fatal, kesakitan dan kematian bisa terjadi tanpa ada pengendalian, misalnya saja pengendalian penyakit  yang harus dicatat perharinya dan dilaporkan perminggunya serta dapat memberikan kecenderungan naik turun penyakit serta kewaspadaan dini tidak lagi dilakukan, sangatlah beresiko terjadi KLB-Wabah penyakit. Contoh lainnya kegiatan pelayanan kesehatan untuk melihat pola kunjungan pasien rawat jalan dan inap serta kecenderungan penyakit  yang ditangani tidak akan diketahui upaya-upaya peningkatan mutu layanan termasuk penyediaan obat-obatan dan bahan habis pakai. Bahkan di bidang kesehatan keluarga, masalah kesehatan dan gizi pada kelompok sasaran ibu hamil, ibu bersalin, bayi, ibu menyusui, balita, apabila tidak dilakukan pemantauan wilayah-wilayah dengan cakupan pelayanan dibawah rata-rata  Kabupaten ataupun kecamatan. Sangat rawan terjadi kesakitan dan kematian pada kelompok sasaran ini.

Ketiga Jabatan strategis operasional yang bersifat tehnis  yang apabila diabaikan begitu saja maka Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar telah lalai dalam melaksanakan salah satu tugas dan fungsi utama menjaga orang sehat agar tidak sakit  dan merawat orang sakit agar tidak mati. Atau jelasnya tugas dan fungsi dari ketiga jabatan ini adalah :

Tugas dan fungsi Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar

Seksi Kesehatan Dasar mempunyai tugas pokok dalam penyelenggaraan dan melaksanakan pelayanan kesehatan dasar termasuk kesehatan komunitas. Dalam melaksanakan tugas pokok seksi kesehatan dasar mempunyai fungsi

  1. Perencanaan dan pengorganisasin serta pengelolaan pelayanan kesehatan dasar meliputi upaya kesehatan perorangan yang diselenggarakan Puskesmas dan jaringannya.
  2. Perencanaan dan Pengorganisasian pelayanan kesehatan komunitas meliputi upaya kesehatan masyarakat, memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit tampa mengabaikan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan..
  3. Penyelenggaraan upaya kesehatan pada daerah perbatasan, terpencil, rawan dan kepulauan skala Kabupaten/Kota.
  4. Pemantauan, evaluasi dan penimgkatan mutu Pelayanan kesehatan perorangan dan masyarakat serta operasional dan manajemen puskesmas termasuk beberapa program upaya kesehatan masyarakat lainnya.
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan sesui dengan tugas dan fungsi.

Seksi Wabah dan Bencana

Seksi wabah dan bencana mempunyai tugas pokok dalam menyelenggarakan pelaksanaan pengendalian wabah dan bencana meliputi kesiagaan, mitigasi dan kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada pasal 28 seksi wabah dan bencana mempunyai fungsi

  1. Penyiapan bahan perencanaan dan penyusunan pengendalian wabah dan bencana melalui pengumpulan data wabah dan bencana
  2. Pelaksanaan dan pengelolaan program dan kegiatan terjadinya wabah dan bencana serta Pengendalian operasional penanggulangan bencana dan wabah skala Kabupaten/Kota.
  3. Penyelenggaraan survailans epidemiologi, penyelidikan kejadian luar biasa (KLB) dan gizi buruk termasuk Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan kesiagaan, mitigasi dan kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan.
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan sesui tugas dan fungsi

Unit Pelaksanan Tehnis Kesehatan Keluarga

Unit Pelaksana Tehnis Kesehatan Keluarga merupakan unit pelaksana tehnis penunjang Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, mempunyai tugas pokok dalam Penyelenggarakan dan Peningkatkan pemeliharaan kesehatan keluarga yang terdiri dari sub unit Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan dan sub unit Perbaikan Gizi Masyarakat.  Dalam melaksanakan tugas pokok Unit Pelaksanan Tehnis Kesehatan Keluarga mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan penyusunan program usaha kesehatan ibu dan anak dan usia lanjut serta perbaikan gizi masyarakat
  2. Pelaksanaan upaya pemeriksaan ibu dan anak melalui rumah sakit, puskesmas, pondok bersalin desa (polindes) dan posyandu.
  3. Pelaksanaan upaya perbaikan gizi dan system kewaspadaan pangan gizi masyarakat
  4. Melaksanakan upaya pembinaan perawatan gizi dan kesehatan serta kesehatan usia lanjut
  5. Koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta menjalin kemitraan dengan lembaga pemerintah maupun non pemerintah dalam upaya pelaksanaan program kesehatan keluarga terutama golongan rawan.
  6. Dan melaksanakan tugas-tugas program kesehatan keluarga lainya yang diberikan atasan.

Mengapa Jabatan ini dibiarkan kosong ?

Jabatan tidak seharusnya kosong, karena dilihat dari segi SDM tidak di temukan masalah. Jabatan UPT Kesehatan Keluarga dapat diisi oleh petugas-petugas kebidanan atau petugas-petugas gizi yang banyak terdapat pada unit-unit pelaksana tehnis Dinas. Jabatan Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dapat diisi oleh para petugas-petugas keperawawatan yang jumlah terbesar dari keseluruhan jenis tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar. Demikian juga pada seksi wabah dan Bencana, telah banyak ditemukan sarjana-sarjana epidemiologi kesehatan yang bekerja secara fungsional  dalam survailans epidemiologi kesehatan dalam kegiatan pengamatan terjadi KLB, Wabah dan Bencana.

Kekosongan Jabatan Strategis Operasional Tehnis dalam beberapa unit organisasi Kesehatan, Otomatis tidak akan ada keputusan-keputusan strategis operasional tehnis untuk dipergunakan pada jaringan fungsional pelayanannya dan juga sebagai bahan keputusan kebijakan untuk atasannya, akibatnya bisa fatal, kesakitan dan kematian bisa terjadi tanpa ada pertanggung jawaban publik (Akuntabilitas Publik).

Tapi mengapa Jabatan ini dibiarkan kosong? Apakah para penentu (Baperjakat =Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar  tidak mengetahui kalau jabatan ini sangatlah strategis dalam operasional tehnis pelayanan kesehatan, yang apabila dibiarkan akan mengakibatkan resiko keselamatan (kesakitan dan kematian) terjadi pada masyarakat Polewali Mandar. Wallahu A’lam.

Baca tulisan terkait lainnya

  1. Program Pelayanan Kesehatan di Puskesmas
  2. Rencana Strategis Kesehatan 2010-2014
  3. Sistem informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Polewali Mandar
  4. Proyeksi dan Prediksi Kebijakan Kesehatan Polewali Mandar.
  5. Stakeholder, istilah apakah itu ?
  6. Di Balik Layar Kepemimpinan dan Mutasi Kepala Dinas Kesehatan Polewali Mandar

—————————————————————

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemilogi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: