Ada hubungan Organisasi dan Pelatihan Terhadap Kinerja ASN Dinas Kesehatan Kab. Polewali Mandar Tahun 2015.

Polewali Mandar Sulawesi Barat @2008.– Telah dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui dan menganalisis Hubungan antara Organisasi dan Pelatihan Terhadap Kinerja Aparat Sipil Negara Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2015. 

Penelitian dilakukan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar —— khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar —- yang dipercayakan sebagai Pilot Project Reformasi Birokrasi, membutuhkan sebuah sistem organisasi yang mampu mendorong ketaatan terhadap jam kerja dan meningkatkan produktifitas hasil kerja. Pemda Polman, (2015).

Hubungan Organisasi dan Kinerja Aparat Sipil Negara

Penelitian dilakukan terhadap 62 responden dengan metode pernyataan skala likert, didesain secara deskripsi analitik kuantitatif, terhadap variabel Organisasi, Pelatihan dan Kinerja Aparat, dari nilai rata-rata skala likert diordinalkan variabelnya dengan 3 kategori dan ditabulasi silang melalui formula analisis statistik Chi-Square dan derajat kepercayaan 95 % (alfa =0.05), sehingga dapat diketahui ada tidaknya hubungan antara Organisasi dan Pelatihan terhadap Kinerja Aparat.

Hasil penelitian

Hasil penelitian untuk menjawab tiga pertanyaan penelitian :

  1. Apakah ada hubungan antara Organisasi terhadap Kinerja Pegawai ASN Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2015?,
  2. Apakah ada Hubungan antara Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai ASN DInas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2015?,
  3. Apakah ada hubungan antara Organisasi dan Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai ASN Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2015 ?

Ketiga pertanyaan penelitian ini dapat didiskusikan sebagai hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut :

Apakah ada hubungan antara Organisasi terhadap Kinerja Pegawai ASN Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2015?

 

Hasil uji statistic statistic hitung > Statistik Tabel  (atau 53.892 >9.487), dengan Probabilitas (0.000) < 0.05 maka Ho di tolak. Artinya Organisasi benar-benar berhubungan secara signifikan terhadap kinerja Aparat Sipil Negara Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2015. Dalam arti Adanya desain pekerjaan, imbalan. Sarana dan prasarana, supervisi, dukungan atasan dari responden sebagai faktor Organisasi, mempunyai hubungan  dengan kinerja Aparat Sipil Negara.

Hasil penelitian ini menunjukkan Kategori organisasi baik dan kinerja baik dari 62 Arapat sebagai Responden ditemukan sebanyak 7 Aparat (11.30%), Jumlah terbanyak ditemukan Responden dengan Kategori Organisasi baik dan kinerja cukup sebanyak 34 Aparat (54.80%), sementara kategori Organisasi kurang dan kinerja kurang ditemukan 9 Aparat (14.50%)

Dimensi organisasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  teori perilaku dan kinerja menurut Gibson (1987) dalam Yaslis, (2002), yang berhubungan dengan perilaku dan kinerja induvdu, yang meliputi sub variabel : 1) Desain Pekerjaan, 2) Imbalan. 3) Sarana dan prasarna, 4) Supervisi dan 5) Dukungan Atasan, masih sangat layak digunakan.

Hasil penelitian ini sesuai dengan Penelitian Mulyadi, dkk (2012), bahwa Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai  pada Dinas Bina Marga Pengairan Kabupaten Kawarang yang menyimpulkan bawah budaya organisasi memiliki pengaruh kuat terhadap kinerja pegawai (t hitung 1.671 > t tabel: 6.122 >1.67.  r=0.607). Demikian juga dengan hasil penelitian Rahmawati (2012), yang menyatakan bahwa organisasi yang tidak memerhatikan pegawainya berpengaruh rendah terhadap kinerja pegawainya.

 

Apakah ada Hubungan antara Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai ASN DInas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2015?

 

Hasil uji statistic menunjukan statistic hitung > Statistik Tabel  (atau 64.574 >9.487), dengan Probabilitas (0.000) < 0.05 maka Ho di tolak. Artinya Pelatihan benar-benar berhubungan secara signifikan terhadap kinerja Aparat Sipil Negara Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2015. Dalam arti pengetahuan dan keterampilan responden yang didapatkan dari pelatihan, mempunyai hubungan  dengan kinerja Aparat Sipil Negara

Hasil analisis penelitian ini, menunjukkan Faktor Pelatihan (pengetahuan dan keterampilan) dengan Kategori pelatihan baik dan kinerja baik dari 62 Arapat sebagai Responden ditemukan sebanyak 6 Aparat (9.70%), Jumlah terbanyak ditemukan Responden dengan Kategori pelatihan cukup dengan kinerja cukup sebanyak 37 Aparat (59.70%), sementara kategori pelatihan kurang dan kinerja kurang ditemukan 10 Aparat (16.10%). Bahwa Dimensi Variabel Pelatihan dalam konsep Gazalba (1992) dalam Bakhtiar (2014) meliputi elemen 1) pengetahuan dan 2) keterampilan, masih efektif untuk dijadikan variabel adanya hubungan antara faktor pelatihan terhadap kinerja Aparat. Dan hasil penelitian ini juga sejalan dengan Penelitian Septian, (2013). Yang menyimpulkan bahwa Pelatihan terhadap kinerja pegawai di ERHA CLINIC Bandung memiliki  hubungan yang kuat.

 

Apakah ada hubungan antara Organisasi dan Pelatihan  terhadap Kinerja Pegawai ASN Dinas Kesehatan Kab. Polewali Mandar Tahun 2015?

 

Hasil analisis statistic chi-square hitung > Statistik chi-square tabel  (atau 66.877>9.487), dengan Probabilitas (0.000) < 0.05 maka Ho di tolak. Artinya Pelatihan dan Organisasi benar-benar berhubungan secara signifikan terhadap kinerja Aparat Sipil Negara Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2015. Dalam arti Adanya Pengetahuan dan Keterampilan yang yang didapatkan dari Pelatihan. Dan  desain pekerjaan, imbalan. Sarana dan prasarana, supervisi, dukungan atasan dari responden yang didapatkan dari proses Organisasi, mempunyai hubungan  dengan kinerja Aparat Sipil Negara

Kategori determinan faktor Pelatihan dan Organisasi sangat baik dengan kinerja baik dari 62 Arapat sebagai Responden ditemukan sebanyak 7 Aparat (11.30%), Jumlah terbanyak ditemukan Responden dengan Pelatihan dan Organisasi Normal dengan kinerja cukup sebanyak 36 Aparat (58.1%), sementara kategori Pelatihan dan Organisasi kurang  baik dengan kinerja kurang ditemukan 10 Aparat (16.10%).

Konsep Mathis dan Jackson (2006) dalam Djatmiko Noviantoro, (2009) untuk mengukur dimensi kinerja pegawai dalam penelitian ini meliputi elemen : (1) kuantitas pekerjaan, (2) kualitas pekerjaan yang dihasilkan, (3) ketepatan waktu  pekerjaan, dan (4) kemampuan bekerja sama, masih dapat dijadikan dasar dalam peningkatan kinerja Aparat Sipil Negara.

Apa yang dikemukan Gibson dalam Yaslis tahun (2002) tentang teori  Hasil Kinerja Pegawai (HKP) memiliki hubungan dengan tiga variabel utama yaitu Organisasi, Induvidu dan Spikologis. Bahwa  variabel organisasi dan Pelatihan masih sangat berhubungan terhadap kinerja pegawai. Variabel Organisasi yang berhubungan dengan perilaku dan kinerja induvidu  terdiri dari beberapa sub variabel adalah struktur organisasi, desain pekerjaan, kepemimpinan, sistem penghargaan (reward system), imbalan, sarana dan prasarana, supervisi, dan dukungan atasan. Variabel Induvidu yang berhubungan dengan perilaku dan kinerja induvidu meliputi beberapa sub variabel diantaranya Pengetahuan dan Keterampilan Induvidu.

Laporan secara keseluruhan dapat di download  pada bagian download blog ini.

 —-

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan kemasyarakatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: