Apa itu Cita Rasa?

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.-– Cita Rasa sering diidentikan dengan penilaian sajian makanan, dengan berbagai kategori dengan cita rasa terbaik sampai dengan cita rasa yang belum baik. cita rasa ternyata bisa juga dipakai untuk menilai sajian non makanan, misalnya suatu objek tertentu yang ingin diberi nilai dengan kategori cita rata.

Apakah itu Cita Rasa ?. Berikut penulis akan menjelaskan  dengan dasar pengalaman fakta empiris terhadap suatu objek tentu yang pembaca bisa menyesuaikan dengan objek yang diamati.

Photo by Pixabay on Pexels.com

Cita Rasa tersusun dari kata cita dan rasa. Masing-masing mempunyai arti dan makna tersendiri. Menggabungkan keduanya akan menjadi standar ukuran. Yaitu nilai terhadap objek pandang dan bahkan akan memberikan standar hidup seseorang.

CITA, berhubungan dengan pencitraan objek. Sejauh mana objek mempengaruhi sudut pandang seseorang, dengan kriteria pelevelan dari level terendah sampai yang tertinggi. Misalnya dari objek tertentu dengan unsur-unsur:

1. Sangat cantik
2. Menarik hati
3. Cantik
4. Cukup Menarik
5. Biasa saja
6. Tidak cantik
7. No comment.

RASA, berhubungan dengan sentuhan indra terhadap objek dari CITA dengan unsur-unsur dari level terendah sampai dengan level tertinggi.

1. Halus sekali
2. Lembut terasa
3. Halus
4. Dingin
5. Tidak enak
6. Kasar
7. No comment.

Maka CITA RASA adalah Gabungan dari kedua unsur tersebut dengan indikasi pengukuran:

1. Cita Rasa diatas Standar
2. Cita Rasa Standar
3. Cita Rasa dibawah standar.

Pilihan seseorang terhadap objek pada umumnya berada pada citra rasa standar. Kalau dipersenkan berkisar diantara 33% sampai dengan 66%.. Dalam pelevelan unsur-unsur Cita dan Rasa tersebut diatas, berada pada tengah atau pada urutan tiga dan empat.

Cita Rasa diatas Standar berada atas 33% atau pada pelevelan unsur-unsur berada pada level satu dan dua. Demikian sama dengan cita rasa dibawah standar yaitu dibawah 33% berada pada pelevelan unsur nomor lima dan enam.

Tentu yang terbaik adalah sebagaimana banyak orang mengasumsikan,

“Ingin selalu berada diatas cita rasa standar”.

Menunjukan level terbaik. Yaitu dengan Cita Rasa SANGAT CANTIK, MENARIK HATI, HALUS SEKALI, DAN LEMBUT TERASA.

Sebagian juga bahkan kebanyakan orang hanya ingin mendapatkan asumsi yang biasa-biasa yaitu biasa dengan tampilan standar dengan Cita Rasa; CANTIK CUKUP MENARIK, HALUS dan DINGIN.

Hanya sebagain kecil, dalam kelompok populasi berada dibawah asumsi dibawah standar Cita Rasa yaitu BIASA SAJA, TIDAK CANTIK, TIDAK ENAK DAN KASAR

Cita Rasa Objek Apakah itu?? Hanya Anda yang tahu.

 ***

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: