Menghitung Kebutuhan (Gizi) Air

slide12Polewali Mandar Sulawesi Barat.– Apakah Anda tahu air itu adalah zat gizi? Jawaban yang mungkin adalah sebagian besar menjawab bukan. Mungkin juga sebagian tenaga kesehatan menjawabnya air itu bukan salah satu zat gizi, mereka cuma tahu bahwa zat gizi itu hanya Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin dan Mineral. Sehingga ketika ada orang yang bertanya kepada petugas kesehatan “berapa kebutuhan air dalam sehari”, mereka menjawabnya  kurang lebih 3 liter per hari,  orang tersebut menjawab balik “kalau begitu saya akan sering kencing dan kencing lagi” maksudnya bila seseorang mengkonsumsi air sebanyak 3 liter perhari, ia akan sering kencing, ini artinya konsumsi air lebih besar dari yang dibutuhkan, sehingga air yang berlebih harus dibuang melalui air seni (kencing). Jelas sekali bahwa jawaban petugas kesehatan tidak tepat  alias tidak memahami kebutuhan tubuh akan air dan tidak menempatkan air sebagai zat gizi.

Pertanyaan  dan jawaban tersebut adalah pertanyaan dan jawaban yang saya sering dengar dari masyarakat dimana saya bekerja (Polewali Mandar) dan untuk tidak menimbukan kesalafahaman kadang saya menjawabnya sejauh kemampuan si penanya memahaminya,  tetapi yang membuat saya menjawab lebih mendetail adalah pertanyaan  dari pengunjung blog @arali2008 ini. Bagaimanakah menghitung kebutuhan tubuh akan air dalam sehari dan apakah air itu termasuk zat gizi?

Apakah itu ZAT GIZI ?

Zat gizi terdiri dari dua kata yaitu “zat” dan “gizi”.  Kedua kata ini harus dimengerti dengan benar, sebelum kita nyatakan  bahwa air itu termasuk zat gizi, penjelasan-penjelasan ini juga sebenarnya adalah penjelasan-penjelasan dasar dari ilmu gizi yang tidak perlu ada rujukan referensi yang harus ditahu oleh masyarakat. Penjelasan ini adalah sebagai berikut:

  1. Zat yang dimaksud  disini  adalah unsur-unsur kimia misalnya Carbon (C), Oksigen (O2), Hidrogen (H2) , Nitrogen (N) dan masih banyak lagi yang tidak perlu saya ungkapkan disini.
    • Unsur-unsur kimia  C, O2, H2  dan N serta unsur lainnya banyak terdapat dalam bahan makanan yang kita makan sehari-hari,
    • Unsur kimia ini (point 2) diatas biasa disebut  unsur-unsur utama yang terdapat dalam makanan.
  2. Gizi  yang dimaksud disini  pada dasarnya adalah  segala sesuatu yang terdapat dalam makanan.
  3. Jadi pengertian dari Zat Gizi itu adalah unsur  atau zat-zat kimia yang terdapat dalam bahan makanan.
  4. Makanan dimaksud  disini   adalah bahan selain obat yang mengandung zat-zat gizi berguna bila dimasukan kedalam tubuh,
  5. Dimasukan dalam tubuh maksudnya  adalah dimakan dan melalui proses pencernaaan dan akan berguna bagi tubuh.
  6. Berguna bagi tubuh yang dimaksud disini adalah makanan yang  dimakan sesuai dengan kebutuhan tubuh
  7. Kebutuhan tubuh itu dipergunakan untuk pertumbuhan-perkembangan, kecerdasan, pemeliharaan kesehatan, aktifitas dan proses metabolisme. Kebutuhan akan makanan ini dapat dihitung. Karena dapat dihitung maka makanan yang dimakan harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.
  8. Jadi prinsipnya zat gizi adalah makanan yang dimakan (konsumsi) sesuai dengan  kebutuhan tubuh dan antara konsumsi dan dibutuhkan dapat dihitung, Inilah yang dikenal sekarang GIZI SEIMBANG.

Mengapa Air Termasuk Zat Gizi ?

Dari  penjelasan-penjelasan pengertian dan maksud  dari zat gizi diatas, selanjutnya kita coba menghubungkannya dengan AIR, apa itu air, unsur apa saja yang terdapat dalam air, apakah air terdapat dalam bahan  makanan, berapa kebutuhan tubuh akan air sehingga kita dapat menghitung jumlah air yang harus  dikonsumsi. Pertanyaan-pertanyaan ini akan saya jelaskan sebagai berikut.

Air adalah salah satu dari zat  yang penting bagi tubuh selain dari Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin dan mineral. Air merupakan komponen utama dari struktur sel,  media kelangsungan proses metabolisme serta reaksi kimia tubuh. Air selain dalam bentuk minuman juga terdapat dalam bahan makanan. Unsur-unsur  air yang terdapat dalam bahan makanan adalah Atom Hidrogen (H) dan atom Oksigen (O). Didalam tubuh bahan makanan akan mengalami proses metabolisme dan oksidasi, yang menurut Peters (1933)  akan menghasilkan :

  • setiap 100 gram  protein (asam amino) akan menghasilkan 40 cc air
  • setiap 100 gram  karbohidrat (glukosa) akan menghasilkan 60 cc air
  • setiap 100 gram lemak (trigliserida) akan menghasilkan 110 cc air

Dengan dasar ketentuan ini maka kita akan dapat menentukan kebutuhan tubuh akan air sekaligus juga sebagai alasan bahwa air adalah salah satu zat gizi selain dari yang telah kita kenal yaitu Karbohidrat (KH), Protein, Lemak, Vitamin dan  Mineral.

Bagaimana Menghitung Kebutuhan Gizi Air ?

Jika seorang dewasa (usia 19-29 tahun) mempunyai kebutuhan energi 2500 kilokalori. maka kebutuhan zat  gizi  makanan dari sumber energi  dapat ditentukan  dengan perbandingan Karbohidrat ( 60-75%) dari energi total, Protein (10-15%) dari energi total,  dan Lemak (10-25%)  dari energi total, dengan jumlah presentasenya  harus 100%, penjabarannya adalah sebagai berikut :

  • Karbohidrat 60% x 2.500 kilokalori = 1.625 kilokalori
  • Protein 15 % x 2.500 kilokalori = 375 kilokalori
  • Lemak 20 % x 2.500 kilokalori = 500 kilokalori

Dari kebutuhan energi yang bersumber dari karbohidrat, protein dan lemak penjelasan tersebut,  ——– ingat ! energi hanya didapat dari Karbohidrat, Protein dan lemak———, selanjutnya kita dapat menentukan jumlah GRAM karbohidrat, protein dan lemak dengan menggunakan ketentuan para pakar gizi.

  • 1 gram karbohidrat menghasilkan 4 kilokalori,
    • jadi jika ada 1.625 kilokalori dari sumber karbohidrat maka menghasilkan = 1.625 / 4 = 406 gram karbohidrat
  • 1 gram protein menghasilkan 4 kilokalori,
    • jadi jika ada 375 kilokalori dari sumber protein maka akan menghasilkan = 375 / 4 = 94 gram protein
  • 1 gram lemak menghasilkan 9 kilokalori,
    • jadi jika ada 500 kilokalori dari sumber lemak maka akan  menghasilkan = 500 / 9 = 56 gram lemak.

Setelah kita mendapatkan gram (karbohidrat, protein dan lemak),  selanjutnya kita akan mudah menentukan kebutuhan air, dengan ketentuan  berdasarkan Peters (1933)  diatas yaitu

  • 406 gram KH / 100 x  60 cc air = 244 cc air
  • 94 gram Protein / 100 x 40 cc air = 45 cc air
  • 56 gram Lemak / 100 x 110 cc air = 61 cc air
  • Jumlah 342 cc air

slide22Jumlah 342 cc air ini merupakan  hasil  dari metabolisme atau secara  metabolik diistilahkan dengan air oksidasi, jumlahnya kurang lebih  15% dari total kebutuhan air tubuh per sehari, sisanya  85 % didapat dari makanan padat/air (35%) dan minuman (50%) yang kita konsumsi sehari-hari. Jadi kalau 15 % sama dengan 342 cc air maka  85 % sama dengan 1.938 cc air. Jumlah totalnya  kebutuhan tubuh akan air per harinya adalah 342 cc + 1.938 cc  = 2.280 cc air atau sekitar 2,3 liter. Jumlah ini adalah  kebutuhan minimum untuk tidak menimbulkan gejala kekurangan, untuk memperoleh kesehatan  yang sebaik-baiknya Anda bisa saja tambahkan 10 %.

Tetapi perlu di ingat,  2,3 liter air sebanyak ini bukan berarti harus dikonsumsi dalam bentuk air minum dengan satuan gelas, KARENA ITU ADALAH MITOS YANG TELAH DILARANG OLEH BEBERAPA AHLI GIZI PROFESIONAL, tetapi  15 % didapat dari hasil  metabolisme (oksidasi) dan 85 %   dari makanan dan minuman yaitu 35 % dari makanan sayur-sayuran, buah-buahan dan 50% ( cuma 5 gelas @250 cc per harinya)  yang bersumber dari air minum. Namun demikian —pengecualian—- apabila  seseorang (dewasa) kurang atau tidak mengkonsumsi sayuran-sayuran, buah-buahan dan hasil olahannya dalam seharinya,  kebutuhan air sekitar 2,3 liter haruslah dipenuhi dalam bentuk air minum (gelas) agar tidak terjadi dehidrasi.

Apabila konsumsi air (dari makanan dan minuman) lebih dari kebutuhan maka air akan dibuang melalui urin(ginjal), keringat (kulit), pernapasan (paru)  dan usus  (feses). Sebaliknya apabila konsumsi air  kurang maka tubuh akan kehausan, bila terus dibiarkan maka terjadi dehidrasi. Dan perlu diingat pula kebutuhan air setiap orang berbeda-beda,  sama halnya dengan kebutuhan  gizi lainnya yang berbeda-beda tiap induvidu. Kebutuhan zat gizi dalam makanan dan minuman ini dapat dihitung, karena dapat dihitung maka makanan dan minuman yang dimakan dan diminum harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Fungsi Air

Setelah kita mengetahui kebutuhan tubuh akan air dan kemudian kita harus mengkonsumsi air sesuai dengan yang dibutuhkan, tentunya konsumsi air ini dapat diperoleh dari  makanan, sayuran, buah dan minuman termasuk dari hasil metabolisme (oksidasi). Selanjutnya yang perlu kita tahu adalah  fungsi air ini dalam tubuh. Penjelasan mengenai fungsi air dapat dilihat dari dua faktor yaitu kualitas air itu sendiri dan keadaan fungsi biologisnya dalam tubuh, sebagaimana yang terdapat pada artikel “perbedaan air biasa, air beroksigen dan air heksagonal” yang ditulis oleh Mahani, Ahli Gizi pada Pusat Konsultasi gizi “Sehati” Bogor di Harian Kompas, Kamis 5 Maret 2005

Kualitas air dipengaruhi oleh keberadaan oksigen terlarut, dimana oksigen terlarut ini akan :

  • meningkatkan suplai oksigen ke setiap sel tubuh,
  • melarutkan zat gizi dan mendistribusikannya keseluruh tubuh,
  • merangsang kelangsungan hidup sel,
  • mengatur suhu tubuh,
  • serta melarutkan bahan-bahan berbahaya dan zat buangan keluar tubuh

Oksigen terlarut yang baik dalam air adalah  air yang melekul H2Onya membentuk formasi segi enam (heksagonal)— lihat gambar— dan mempunyai kemampuan mengikat oksigen sebanyak-banyaknya, manfaatnya adalah

  • Lebih mudah masuk ke dalam sel, karena mudah masuk dalam sel maka kualitas cairan sel tubuh akan meningkat pula, dengan sendirinya sel akan mempunyai kemampuan untu menetralisir dan membuat toksin serta sel mempunyai kemampuan untuk memperbaiki diri.
  • Mengaktifkan proses metabolisme sel dan meningkatkan kandungan oksigen dan daya serap terhadap  zat gizi, hingga akhirnya mampu menghasilkan lebih banyak energi

slide32Keberadaan air heksagonal  dalam tubuh  (cairan tubuh) hanya sekitar 62 %, sisanya 24% air pentagonal dan 14 % air tetragonal). Ketiga komponen ini  membentuk rangkaian yg disebut air dalam tubuh atau cairan tubuh.  Penurunan volume air heksagonal dalam cairan sel tubuh hingga 50-60 persen akan menyebabkan kematian, maksudnya apabila didalam sel tubuh kekurangan air heksagonal sampai dengan 50 % maka sel itu akan mati, dan selanjutnya jaringan yang merupakan kumpulan sel yang sudah mati  tersebut juga akan terganggu, kalau sudah demikian organ tubuh yang merupakan kumpulan jaringan bisa jadi kolaps (tak berfungsi).

Fungsi air dengan kualitas yang baik, dalam tubuh merupakan fungsi biologis air, namun fungsi ini sangat dipengaruhi oleh Kondisi kesehatan tubuh dan  Interaksi dengan zat gizi lain, Serta antibiotik dan obat-obatan

Perlu diketahui juga bahwa sekitar 70 % bobot orang dewasa berisi air, bobot air ini harus dijaga keseimbangannya, untuk menjaga keseimbangan ini,  orang dewasa tiap harinya membutuhkan sekitar 2,3 liter (seperti perhitungan diatas),  yang dapat diperoleh dari  makanan, sayuran, buah dan minuman termasuk dari hasil metabolisme (oksidasi), tidak boleh kurang dan juga tidak boleh lebih, mempunyai kualitas  baik, jika kualitasnya buruk, maka kesehatan kita  menurun, demikian sebaliknya.

Catatan
Pengetahuan akan air ini adalah ilmu yang saya dapat 10 tahun lalu, ketika mengikuti pendidikan dan keterampilan gizi formal maupun non formal,  diantara di Akademi Gizi Malang dan tetap saya pergunakan sampai sekarang. Yang jelas untuk menghitung kebutuhan air dan bagaimana fungsinya bagi tubuh, sudah mengalami perkembangan dalam beberapa tahun terakhir ini, tetapi berdasarkan pengalaman, perhitungan kebutuhan dan fungsi air yang dianjurkan diatas sangat layak dipergunakan dan dapat dipertanggung jawabkan.

Baca Artikel terkait

  1. Menghitung Kebutuhan (Gizi) Air
  2. Cara Praktis Mendeteksi gizi Buruk dengan Menggunakan berat  Badan Ideal
  3. Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil
  4. Pemberian Kapsul Vitamin A  pada balita di Polewali Mandar
  5. Ada Gizi Buruk Di Tengah-tengah Kelebihan Berat Badan Orang Dewasa
  6. Perdebatan Angka Kematian Ibu
  7. Hasil Audit Non Klinis Kematian Ibu dan Bayi
  8. Mama Aku Mau Mati

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemilogi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

About these ads

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

9 Responses to Menghitung Kebutuhan (Gizi) Air

  1. Izhaa Narsiezz mengatakan:

    ass pak..klw zink dan zat besi yg terbaru ada gax pak ?

    arali2008 menjawab
    Informasi terbaru belum saya dapatkan..

  2. bumi mengatakan:

    tulisan anda benar-benar sesuai dengan air yang saya konsmsi sekarang pak air aero fresh sama dengan yang bapak saran kan…klo boleh share ilmu yang lebih dasyat lagi deh..

  3. xbal mengatakan:

    info yg sgt bermanfaat, boleh taw sumbernya?

    arali2008 menjawab
    sumber dari ilmu gizi dasar, dan beberapa bahan bacaan lainnya misalnya koran harian kompas tetapi kalau anda membaca sumber-sumber tersebut tidak terurai dengan jelas….

  4. monitor oddechu mengatakan:

    You should definately read more about this! Please!

  5. rudi chan mengatakan:

    Tq infonya!

  6. joko mengatakan:

    wow….info yang sangat menarik. ini benar benar ilmu baru untuk saya dan keluarga. ternyata memang kebutuhan air untuk masing-masing individu itu tidak sama ya. tq ilmunya ya pak…….mohon ijin untuk dicetak/print. gpp ya ?? mau saya tempel di dinding dapur. :)

  7. bunda mengatakan:

    wah informasinya bermanfaat sekali lho… makasih sharingnya ya

  8. WAWAN mengatakan:

    Saya punya air minum OXY diproses dgn teknologi jerman.
    Kelebihan air OXY:
    1.Beroksigen tinggi hingga 28 ppm
    2.Mudah diserap sel karena air telah diaktifkan dgn MReT
    3.Mineral an organik rendah <3 ppm

    Utk penyembuhan minum 1 botol 2 kali sehari. Bangun dan sebelum tidur.
    Utk pencegahan minum 1 botol sehari sebelum tidur.
    Harga per botol (388 ml) cuma Rp 6.000

    Hub: WAWAN
    08385819278
    Email: Wawan_oxy@plasa.com
    Alamat
    Jabung Bendosari Sawit Byl.

    @arali2008 menjawab
    terima kasih atas promosi gratisnya…… semoga usaha anda terus maju dan berkembang

  9. artvisualizer mengatakan:

    wah info yang menarik nih mas… mampir2 ya

    @arali2008 menjawab
    trims ok!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.389 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: