RUMAH SAKIT KIA ”IBU AGUNG” SIAP BEROPERASI

Ibu Agung Andi Depu Seorang Pejuang Wanita di Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Polewali Mandar Sulawesi Barat,– Dengan dicantumkan nama Ibu Agung Andi Depu, maka simbolis perjuangan sang ibu akan terus dilanjutkan. generasi sekarang dan generasi yang akan datang, Jangan lihat status Rumah Sakit hanya sebagai rumah sakit bersalin, tetapi lihat bagaimana seorang ibu harus berjuang 9 bulan 10 hari untuk membesarkan  janin dalam kandungan dan puncaknya antara hidup dan mati ketika akan melakukan perjuangan persalinan……………….

Siapa saja yang tinggal di Polewali pasti mengenal Puskesmas Massenga Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat sebagai Puskesmas dengan pelayanan plus Persalinan, rata-rata tiap minggu ada 3-4 persalinan yang ditolong, kualitas pelayanan persalinan di Puskesmas ini melebihi kualitas persalinan yang ada di Rumah Sakit Umum Polewali, kecuali pertolongan persalinan dengan penyulit.

Pada tahun 2009 nanti Puskesmas Massenga tidak akan lagi melayani khusus pelayanan persalinan dan rawat inapnya, tetapi akan dilayani oleh Rumah Sakit Ibu dan Anak yang diberi nama ”Ibu Agung” istri seorang pejuang di tanah Mandar propinsi Sulawesi Barat. Puskesmas Massenga akan berkonsentarsi pada Pelayanan Kesehatan Dasar dengan wilayah kerja Kelurahan Polewali, Lantora, Wattang dan Sulewattang.

Kalau tidak mengalami perubahan konsep, Rumah Sakit Ibu dan Anak ”IBU AGUNG”, khusus akan melayani kesehatan ibu dan anak termasuk didalamnya pelayanan keluarga berencana. Status awal Rumah Sakit ini nantinya adalah Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Penunjang Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar yang dipimpin oleh kepala UPT eselon IV dengan atasan langsung Kepala Dinas Kesehatan. Perbeda dengan Rumah Sakit Polewali adalah dipimpin langsung oleh direktur (kantor) dengan eselon IIIa, dan hubungannya dengan Dinas Kesehatan hanya sebagai hubungan koordinasi fungsional.Karena Rumah Sakit Ibu dan Anak ”Ibu Agung” adalah UPT Penunjang Dinas berbeda dengan UPT Operarasional Dinas (puskesmas) yang mempunai wilayah kerja, maka otomatis rumah sakit ini tidak mempunyai wilayah kerja tetapi akan melekat pada tugas dan fungsi Dinas Kesehatan Kabupaten, sehingga rumah sakit ini akan mempunyai fungsi ganda, satu pihak akan melayani persalinan, kesehatan ibu dan anak termasuk keluarga berencana, dipihak lain akan menyelenggarakan atau mengkoordinir pelayanan KIA dan KB di semua puskesmas kabupaten Polewali Mandar. Atau dengan kata lain Rumah Sakit ini mempunyai fungsi pelayanan kesehatan fungsional dan pelayanan administrasi kesehatan ibu dan Anak tingkat Kabupaten.

Pelayanan kesehatan Ibu dan Anak secara fungsional adalah memberikan pelayanan klinis langsung kepada ibu dan anak atau terutama pertolongan persalinan dan bayi baru lahir. Pelayanan administrasi menyangkut manajemen sasaran Kesehatan ibu dan Anak yaitu dimulai dari jumlah sasaran dan berapa yang telah dilayani dari ibu hamil, ibu hamil yang melahirkan dan bayi serta anak balita, termasuk juga didalamnya adalah mencari penyebab-penyebab timbulnya masalah-masalah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Dalam kunjungan kerja kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar dr. H. Achmad Azis.M.Kes ke Puskesmas Massenga hari Kamis, 18 September 2008. mengatakan bahwa Rumah Sakit Ibu Agung ini, nantinya akan melayani semua ibu hamil diwilayah dan luar wilayah Kabupaten Polewali Mandar dan sesuai Peraturan Bupati Polewali Mandar nomor 16 tahun 2008 tentang jaminan pelayanan kesehatan bahwa, Setiap persalinan hanya dikenakan biaya Rp.350.000.- dimana Rp 50.000. diperuntukan untuk dukun sebagai pendamping ibu hamil dan pelayanan ini berlaku untuk semua puskesmas di Kabupaten Polewali Mandar. Jadi rumah sakit ini diharapkan akan menjadi katalis atau mempercepat kebijakan Pemda Polewali Mandar agar setiap persalinan hanya dapat ditolong oleh tenaga kesehatan dan dukun hanya berfungsi sebagai pendamping.

Baca selengkapnya

Simple Draf,  The Concept Rumah Sakit  Bersalin ( KIA ) IBU AGUNG

NB

Tulisan ini dibuat saat  Kepala Tata Usaha Drs. Aladin, dan Staf Jamkesmas Satriani SKM mendampingi kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar (Dr. H. Achmad Azis M.Kes) melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Massenga dan selama 2 jam menceramai stafnya pada hari Kamis tanggal 18 September 2008, hanya ada Satu Ide yang bisa kuambil sebagai kreatifitas seperti yang Anda baca pada tulisan diatas.

————————————————————————————————————————————————–

Kenal  lebih jauh tentang situs blog ini :

Logo @arali2008Blog-situs dari sudut pandang seorang pemerhati masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di tingkat kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan Gambaran Hasil Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia.

Blog situs dari Blog ini adalah pengantar dari DAFTAR ISI blog @arali2008 atau dalam bahasa WEBnya adalah SITEMAP — peta situs —- adalah daftar tulisan (post) dan halaman (page) yang ada pada blog @arali2008. Daftar Tulisan (post) dan halaman (page) tersebut dapat ditunjukkan dibawah ini.

——————————–——————————————————–———————–—————————-

HOME

Home adalah halaman yang berisikan berbagai artikel atau tulisan yang baru diterbitkan atau yang telah terbit pada hari-hari sebelumnya, halaman Home ini juga menunjukkan sejauhmana blog @arali2008 terupdate, bisa per hari, per minggu atau perbulannya atau sama sekali tidak ter update. Halaman HOME ini terdistribusi pada kategori dan tag seperti yang terlihat pada sidebar. baca selengkapnya…….

PENGANTAR BLOG

Pengantar blog ditulis untuk memudahkan pengunjung mengerti tentang maksud dan tujuan penulisan artikel-artikel atau tulisan-tulisan yang ada dalam blog @arali2008 blog seorang profesional epidemiologi gizi dan kesehatan. ——Kata profesional disini ditujukkan hanya semata-mata ingin menyajikan yang terbaik kepada setiap pengunjung,——— baca selengkapnya …….

@arali2008

Arali2008 adalah Arsad Rahim Ali, Pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Ditahun 2008 —– tepatnya tanggal 29 Februari 2008——- mencoba bergabung dengan para Blogger WordPress.com. Seorang pemerhati Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia Bagian Tengah, Berupa Opini dari Fakta Empiris. Baca selengkapnya….

 

NARASI dari @arali2008

Narasi dari arali2008 adalah tulisan yang disusun secara kronologis, suatu cerita non fiksi —-berdasarkan data dan fakta empiris terhadap tulisan atau -artikel dari arali2008 selama setahun — merupakan refleksi pekerjaan penulis (saya) sebagai seorang yang bekerja secara MANDIRI sebagai seorang fungsional (Pemerhati) masalah epidemiologi gizi dan kesehatan ahli, baca Selengkapnya di halaman NARASI2008 dan NARASI2009

DOWNLOAD

Download di siapkan khusus bagi anda yang ingin membaca atau menggunakan beberapa hasil kajian penulis, pedoman-pedoman umum dari Depatemen Kesehatan RI, Hasil penelitian yang pernah penulis lakukan dan beberapa analisis lainnya yang sengaja kami ambil dari berbagai sumber. Baca selengkapnya……

Ke POLEWALI MANDAR

Karena banyak orang yang kesulitan untuk ke Polewali Mandar. Anda juga mungkin mau atau kesulitan ke Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat, Anda juga kesulitan dalam hal transportasi, berikut ini data-data yang Anda bisa ambil untuk memperlancar perjalanan Anda. Baca selengkapnya…….

My Award

My Award atau Award for @arali2008 adalah penghargaan, yang diberikan oleh orang-orang atau kelompok orang atau institusi kepada Blog @arali2008 yang menurut penilaian (review) blog dinilai layak sebagai alternatif dari media konvensional ataupun media online journalisme profesional, semua ada pada blog @arali2008. Baca Selengkapnya……

Autobiografi Penulis

Autobiografi Penulis adalah Riwayat Hidup Penulis yang Lahir di Buton Sulawesi Tenggara, 19 Januari 1971, oleh orang tua diberi nama Arsad Rahim Ali. Dan beberapa riwayat lainnya misalnya saja tentang silsilah keluarga @arali2008, dan keterangan lainnya tentang pendidikan formal dan non formal Baca Selengkapnya…….

Keluarga Penulis

Keluarga penulis adalah AFI,ABI, IFA dan NUNU serta Istriku Tercinta adalah halaman keluargaku, sengaja ditunjukkan disini karena inilah keluargaku, apa yang penulis tulis dalam blog ini merupakan bagian dari keluarga. Baca Selengkapnya…….

Kantor Penulis

Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Dengan Alamat Kantor Jalan Haji Andi Depu Nomor 2 Polewali. Telpon 0428-2410997 Fax 0428-2410998, kodepos 91313 Baca Selengkapnya………..

opini dari fakta empiris

———————–————————-———–————-——–

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

2 Responses to RUMAH SAKIT KIA ”IBU AGUNG” SIAP BEROPERASI

  1. Well this is a nice one. I was just searching for some articles for my school homework. I was thinking that I will come across Wikipedia but I was simply shocked when your blog came first but now I understood that Google was right in placing your blog on the top.

  2. p90x says:

    I just love blogging and as i get spare time from busy schedule i start working on it. Wonderful post, I really enjoyed reading it!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: