Hubungan Usia Kehamilan dan Penambahan Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Polewali Mandar Sulawesi Barat, @arali2008.—Tentang Minggu Pertama Usia Kehamilan  dan hubungannya dengan penambahan berat badan idelal ibu hamil adalah Minggu Ke 4 dari HPHT dengan Uji urine terhadap kadar Gonadotropin (Human Chorionic Gonadotropin) dinyatakan positif hamil, dapat dikurangi 3 minggu (bila diperlukan atau disesuaikan dengan perkiraan kehamilan) dimana berakhirnya menstruasi, adanya persiapan masa subur dan terjadinya ovulasi (pembuahan) yaitu minggu ke 1 dari HPHT sama dengan MINGGU PERTAMA KEHAMILAN. Simpulan ini saya buat karena adanya pengunjung blog menanyakan “Kapan dikatakan Minggu Pertama Kehamilan?”

Dalam rumus penentuan Berat Badan Ideal Ibu Hamil yang selanjutnya disingkat  BBIH  yang saya buat  sebagai pedoman atau perencanaan praktis untuk dapat  memenuhi penambahan berat badan ideal ibu  selama hamil, telah disebutkan dan dijelaskan dasar-dasar pembentukan rumusnya.

Berat Badan Ideal (BBI) ibu hamil  adalah dengan dasar penambahan berat ibu hamil tiap minggunya yang dikemukakan oleh para ahli berkisar antara 350-400 gram, kemudian ditambahkan dengan berat badan yang ideal untuk seseorang agar dapat menopang aktifitas normal yaitu dengan melihat berat badan yang sesuai dengan tinggi badan sebelum hamil, serta umur kehamilan dalam minggu. Lebih Jelas tentang Rumus Berat Badan Ideal Ibu Hamil dapat dibaca pada tulisan dengan judul “Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil.

Pada rumus  penentuan Berat Badan Ideal Ibu Hamil ini penambahan berat badan ibu hamil  didasarkan pada  penambahan  berat badan perminggunya  atau usia kehamilan dalam minggu.  Pada tulisan  tersebut penjelasan penentuan usia kehamilan perminggu  dan hubungannya dengan penambahan berat per minggu belum diurai dengan jelas.

Saya kemudian mencoba membaca kembali buku yang ada pada perpustakaan pribadi diantaranya buku Arthur C Guyton, MD.(1985), Human Physiology and Mechanisme of Disease From University of Missisippi, School of Medicine. Dan buku Dr. Arisman MB  (2004 buku ajar Ilmu Gizi dalam Daur Kehidupan, penerbit Buku Kedokteran EGC Jakarta.

Dasar Teori

Dari kedua buku tersebut usia kehamilan yaitu minggu pertama kehamilan dan hubungannya dengan penambahan berat badan perminggunya selanjutnya  disebut  Nutrisi Embrio pada permulaan kehidupan Intrauteri, dapat diuraikan sebagai berikut

  1. Ketika telah terjadi masa subur  yaitu masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Waktu terjadinya ovulasi atau mulainya masa subur adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Masa subur berlangsung kurang lebih tujuh hari. Pada waktu masa subur inilah  dapat terjadi proses pembuahan (fertilisasi ovum) dari sperma pria dan sperma wanita dari hubungan suami-istri.
  2. Waktu sebelum  ovum (Pen : sel telur) yang telah mengalami fertilisasi  melalui tuba fallopii masuk  kedalam uterus (Pen : rahim ibu) selama kurang lebih 3-4 hari
  3. Waktu setelah ovum terfertilisasi (Pen : sel telur) masuk  kedalam uterus (Pen : rahim ibu) dan sebelum mengimplantasi endometrium selama kurang lebih 3-4 hari
  4. Ketika ovum yang terfertilisasi mengimplantasi endometrium, sekresi hormon gonadotropin dikeluarkan  dan oleh sel-sel  trofoblast menginvasi endometrium, mencernakan dan melarutkannya, turut serta zat gizi dalam jumlah besar  digunakan oleh embrio untuk pertumbuhan dan perkembangan yang saksama berlangsung dalam satu minggu setelah implantasi.
  5. Dari point  1, 2 dan 3 serta 4 tersebut atas, Usia kehamilan minggu pertama dan hubungannya dengan penambahan berat badan perminggunya berada pada  minggu ke empat setelah Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Yaitu dimulai dari ovum yang terfertilisasi berada dalam uterus  sebagai embrio dan mendapatkan zat-zat gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan yang saksama melalui sel-sel  trofoblast menginvasi (implantasi) endometrium.  Ini sesuai dengan Uji terhadap urine dalam menentukan kadar Gonadotropin (Human Chorionic Gonadotropin) yang ditemukan minggu ke empat sesudah HPHT atau berada dalam minggu ke dua setelah pembuahan, merupakan minggu pertama kehamilan.

Kapan Minggu Pertama Kehamilan ?

Hari pertama haid terakhir (HPHT) anda adalah hari pertama dimana mulai menstruasi pada periode menstruasi yang terakhir kali kehamilan. Dipergunakan untuk rumus perkiraan hari kelahiran minggu ke 40 standar persalinan normal, dapat juga dipergunakan untuk menentukan usia kehamilan (Rumus Neagele).  Jika dipergunakan untuk umur kehamilan dalam minggu  dan hubungannya dengan penambahan berat badan idela ibu hamil yaitu ditemukan 4 minggu sesudah HPHT  dapat diurai perminggunya adalah

  1. Minggu pertama dari HPHT adalah minggu terjadi mestruasi
  2. Minggu Kedua dari HPHT adalah minggu berakhir mestruasi dan persiapan masa subur
  3. Minggu ketiga dari HPHT adalah minggu terjadi masa subur dan pembuahan
  4. Minggu keempat dari HPHT adalah minggu dimana awal fetus telah berada di dalam uterus.
  5. dan seterusnya sampai minggu ke 40 dari HPHT adalah minggu ke 40 standar persalinan normal

Menurut rumus Neagele  dalam memperkirakan usia kehamilan Tanggal HPHT ditambahkan dengan 7 (hari) maka minggu pertama kehamilan jatuh pada minggu kedua HPHT yaitu minggu berakhir menstruasi dan persiapan masa subur. Ini dapat dibenarkan karena usia selama kehamilan selalu berada pada 9 bulan 10 hari. Dan juga keberadaan fetus dalam uterus, kesiapan masa subur dan terjadinya ovulasi (pembuahan). 9 bulan 10 hari artinya  9 bulan = 36 minngu, 10 hari ditambah  4 hari pada bulan-bulan yang mempunyai kelebihan hari dari 30 hari kalender) = 14 hari = 2 minggu. Jadi 9 bulan 10 hari adalah 36 minggu + 2 minggu = 38 minngu, ditambah 7 hari lagi untuk penyesuaian kelahiran = 39 minggu dan selanjutnya masuk pada minggu ke 40 adalah  minggu ke 40 standar persalinan normal.

Kesimpulan :

Usia kehamilan minggu pertama dan hubungannya dengan penambahan berat badan perminggunya berada pada  minggu ke empat setelah Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Yaitu dimulai dari ovum yang terfertilisasi berada dalam uterus  sebagai embrio dan mendapatkan zat-zat gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan yang saksama melalui sel-sel  trofoblast menginvasi (implantasi) endometrium.  Ini sesuai dengan Uji terhadap urine dalam menentukan kadar Gonadotropin (Human Chorionic Gonadotropin) yang ditemukan minggu ke empat sesudah HPHT dinyatakan positif hamil.

Agar sesuai —- (faktor penyesuaian bila diperlukan) —— dengan  perkiraan hari kelahiran, biasa juga digunakan sebagai usia kehamilan, dapat dikurangi 3 minggu dimana minggu terakhir terjadinya menstruasi  yaitu minggu ke 1 dari HPHT kehamilan sama dengan minggu pertama hamil sebagai  awal perhitungan perkiraan persalinan  40 minggu kehamilan normal.

Pengurangan tiga minggu merupakan faktor penyesuaian (bila diperlukan) dengan  perkiraan hari kelahiran, biasa juga digunakan sebagai usia kehamilan  ( dalam minggu) Rumusnya adalah

MPK = (Tgl HPHT  s/d (Tgl HPHT +7)

Dimana MPK = Minggu Pertama Kehamilan, Tgl HPHT = Tanggal Hari Pertama Dari Haid Terakhir Kehamilan. S/d = Sampai dengan. Angka 7 =  jumlah hari dalam satuan minggu.

Namun bila dihubungan dengan penambahan berat badan perminggunya rumusnya adalah Minggu Ke 4 HPHT.

Ada kasus atau pertanyaan melalui blog ini, merupakan dasar dibuatnya tulisan ini sekaligus juga jawaban dari kasus tersebut  adalah

mau tanya nie…
TB (Tinggi Badan) sebelum hamil : 151cm Berat Badan (BB) : 43kg
hari terakhir menstruasi : 1 oktober 2012
periksa pertama tanggal 10/12/12, BB : 44kg
kata bidannya umur kehamilan saya  +- 3bln
periksa ke 2 tgl 10/01/13, BB :46kg
tapi setelah perut saya di raba sama bidan katanya usia kehamilan saya sudah 5 bulan(20 mggu) saya jadi bingung…
jadi sebenarnya berapa usia kehamilan saya?
dan apakah BB saya sudah termasuk ideal?
mohon penjelasannya…

Saya menjawab

ketika tanggal 1 oktober 2012 adalah hari terakhir menstruasi maka secara fisiologis anda mulai masuk masa subur (Persiapan masa subur), puncaknya masa subur  7 hari kemudian atau tanggal 8 – 15 Oktober 2012 jadi Anda dan suami telah mengkonsepsi kehamilan (pembuahan) pada minggu kedua Oktober 2012 (ovum terfertilisasi), namun ini belum masuk usia minggu pertama kehamilan.

Minggu pertama kehamilan terjadi ketika embrio telah berada di dalam uterus (rahim) yaitu satu minggu kemudian tepatnya pada minggu ketiga bulan Oktober 2012 atau tanggal 16-23 Oktober 2012 Jika Anda periksa pertama tanggal 10 Desember 2012 berarti usia kehamilan sudah 2 bulan atau masuk minggu ke 8 minggu termasuk minggu persiapan masa subur dan adanya pembuahan.

kemudian satu bulan kemudian periksa lagi tanggal 10 Januari 2013 (Tambah 4 minggu) jadi pada saat itu kehamilan baru 12 minggu (tiga bulan).

BBInya dengan kehamilan 12 minggu = 50 kg bb sekarang 46 (atau 92% dari ideal)… Apa BB hamil sudah termasuk ideal ? perkembangan berat badan sebenarnya ideal namun karena sebelum hamil sedikit kurang Berat Badan, mulai sekarang sudah harus dimulai diperhatikan penambahan berat badan idealnya.

Hubungannya dengan Penambahan Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Fetus yang sedang tumbuh mengambil prioritas bagi banyak unsur gizi dalam tubuh ibu, dan banyak bagian fetus terus tumbuh walaupun ibu tidak makan diet yang cukup bergizi. Walaupun demikian, kekurangan berat badan ibu sebelum hamil atau minggu-minggu pertama kehamilan menandahkan  simpanan zat-zat gizi untuk digunakan selama bulan-bulan terakhir kehamilan tidak akan mencukupi, zat-zat gizi tersebut tidak cukup tersimpan di plasenta dan sebagian besar dalam depot simpanan normal sang ibu. Sebaliknya pemberian makanan pada awal-awal kehamilan walaupun tidak sepenuh dipergunakan oleh fetus (embrio) tetapi dipergunakan untuk penambahan  berat badan ideal ibu hamil merupakan simpanan (depot) zat-zat gizi untuk digunakan selama bulan-bulan terakhir kehamilan.

Sehingga prinsip pemberian makan pada minggu-minggu pertama kehamilan adalah mencapai berat badan ideal ibu hamil (Capai – BBIH). Bila sang ibu kelebihan berat badan maka makanan yang diprioritaskan adalah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral yang bersumber dari buah dan sayuran. Namun bila sang ibu kekurangan Berat Badan Ideal Hamil maka makanan yang diprioritaskan adalah  makanan yang kaya akan Korbohidrat dan protein dengan jumlah yang cukup dan padat termasuk juga tercukupinya makanan yang kaya akan vitamin dan meneral.

Dalam pelayanan pemberian makanan selama kehamilan, yang menjadi patokan adalah kesimbangan pemberian makanan  dengan  Pencapaian berat badan ideal ibu hamil (Capai – BBIH) terjadi pada minggu-minggu pertengahan kehamilan ( triwulan 2 kehamilan). Ketidak seimbangan pemberian makanan dengan Berat Badan Ideal Ibu hamil pada triwulan kedua ini akan mengakibatkan dua hal yaitu

  1. Bila pemberian makanan  terlalu berlebihan akan dapat meningkatkan kenaikan berat badan dari idealnya akibat yang sering terjadi atau menyiratkan terjadinya retensi air (tanda awal preeeklampsia) dan juga berkaitan dengan janin besar dan resiko disproporsi Kepala-Panggul (DKP)
  2. Bila pemberian makanan yang kurang akan mempersulit pencapaian berat badan ideal akibatnya atau menyiratkan terjadinya pemunduran pertumbuhan dalam rahim yang nantinya memperbesar resiko kelahiran dengan berat badan rendah, kematian dalam rahim dan atau kematian perinatal. Bagi ibu penambahan ekstra sel-sel dan jaringan ibu sebagai penompang keberadaan bayi tidak akan sempurnya akibat pendarahan, infeksi dll yang merupakan kontribusi pertama dari adanya kematian ibu.

Baca Tulisan terkait

  1. Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil.
  2. Cara Praktis Mendeteksi Gizi Buruk dengan Berat Badan- Ideal Anak Balita
  3. Pola Pertumbuhan Berat Badan Ideal Anak Balita
  4. Pemberian Kapsul Vitamin A pada balita di Polewali Mandar
  5. Ada Gizi Buruk Di Tengah-tengah Kelebihan Berat Badan Orang Dewasa
  6. Perdebatan Angka Kematian Ibu
  7. Hasil Audit Non Klinis Kematian Ibu dan Bayi
  8. Mama Aku Mau Mati

——————————————————

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

About these ads

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

2 Responses to Hubungan Usia Kehamilan dan Penambahan Berat Badan Ideal Ibu Hamil

  1. Arsad Rahim Ali mengatakan:

    data kurang lengkap, kalau berat ibu berlebihan sebelum hamil tidak berbahaya

  2. mumox mengatakan:

    antara mg ke 11 dan 14 kehamilan, tdk ada peningkatan berat badan.. Berbahayakah? Apa pengaruhnya pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.382 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: