Up Date Data Dasar Puskesmas Batupanga Kecamatan Luyo

Lokasi wilayah Kecamatan Luyo pada Peta Polewali Mandar  Propinsi Sulawesi Bara

Lokasi wilayah Kecamatan Luyo pada Peta Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat

@arali2008. Polewali Mandar Sulawesi Barat.Gedung Puskesmas Batupanga ini boleh dikata telah mengalami pengerusakan menuju pada status rusak berat, demikian juga dengan kendaraan roda 4 puskesmas keliling, body dan lantai mobil telah rapuk, apabila terus dibiarkan akan mengalami juga pengerusakan berat bisa jadi rusak total. Karena kondisi wilayahnya yang kurang mendukung —–belum adanya kesadaran masyarakat——dalam penyediaan air bersih dan penyehatan lingkungan, dan pengelolaan manajemen puskesmas yang belum maksimal, masyarakat yang tinggal diwilayah kerja Puskesmas ini hampir tiap tahun mengalami masalah (KLB) diare, gizi buruk dan kasus-kasus kematian ibu dan bayi. Adalah catatan penting penulis ketika melakukan kunjungan update dasar dasar puskesmas ini.

Puskesmas ini  bernama Puskesmas Batupanga, diberi nama Batupanga karena Puskesmas ini merupakan pengembangan dari Puskesmas Pembantu yang berada di Kelurahan Batupanga yaitu Puskesmas Pembantu Batupanga. Dikembangkan menjadi  Puskesmas ketika wilayah kerja dari Puskesmas Batupanga ini, memisahkan diri dari dari Kecamatan Campalagian menjadi Kecamatan Luyo. Karena telah menjadi satu wilayah administrasi kecamatan, maka berkembanglah Pustu Batupanga  menjadi Puskesmas Batupanga dengan jenis pelayanan sebagai Puskesmas non perawatan sampai sekarang, yaitu Puskesmas yang mengfokuskan pada pelayanan pasien (penderita) rawat jalan dan kegiatan kesehatan yang berbasis  kemasyarakatan (Tentang Kesehatan Masyarakat = Community Health)

Puskesmas  yang secara administrasi  berada di ibukota kecamatan,  beralamat  di Jalan Lena (jalan antar kecamatan) di Kelurahan Batupanga Kecamatan Luyo,  sekitar ± 40 km dari Dinas Kesehatan atau  ibu kota Kabupaten Polewali Mandar , dimana letak geografisnya terbagi atas daratan tinggi  (pegunungan dan berbukit) sebanyak 70% dan daratan rendah 30 %. Secara strategis letaknya atau wilayahnya masuk dalam kategori terpencil.

Batas wilayah Puskesmas Batupanga:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas Mapilli
  2. Sebelah Barat berbatasan dengan  wilayah kerja Puskesmas tutallu
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas cammpalagian
  4. Sebelah Selatan berbatasan dengan wilayah Puskesmas Mapilli.

Luas wilayah kerja Puskesmas Batupanga  sama dengan luas kecamatannya yaitu ± 156,60 Ha dengan jumlah Desa sebanyak 10 Desa dan 1 Kelurahan :

  1. Kelurahan Batupanga
  2. Desa Batupanga Daala
  3. Desa Mambu
  4. Desa Luyo
  5. Desa Tenggelang
  6. Desa Sambaliwali
  7. Desa Baru
  8. Desa Mapilli barat
  9. Desa Pussui.
  10. Desa Pussui Barat
  11. Puccadi

Penduduk di wilayah Puskesmas Batupanga mempunyai mata pencaharian sebagian besar adalah petani, ± 80 % dan sisanya antara lain terdiri dari PNS dan wiraswasta. Penduduk yang mendiami wilayah pegunungan merupakan sebagian besar menggantungkan kehidupan nafkahnya pada bidang pertanian  dan Perkebunan.

Ketika penulis mengunjungi puskesmas ini, terlihat puskesmas ini  dalam kondisi yang menuju rusak berat artinya apabila dalam dalam 1-2 tahun ini tidak ada perbaikan yang menyeluruh, Puskesmas ini akan mengalami pengerusakan yang amat berat (Baca : Rusak Berat). Terlihat plavon mulai rapu dan runtuh, pintu-pintu dan jendela berlubang dimakan rayap, sambungan antar dinding dan sebagian lantai mulai retak.

Namun demikian puskesmas  yang boleh dikatakan rusak ini, masih tetap memberikan pelayanan terbaiknya, misalnya saja jumlah kunjungan pasien  rawat jalan  mencakup ± 50 – 100 orang perhari., belum termasuk pelayanan rawat jalan  jaringannya yaitu 7 Puskesmas Pembantunya. Jenis pelayanan rawat jalan berupa pelayanan rawat jalan peserta Askes PNS, Peserta Jamkesmas dan Peserta Umum. Disamping itu kegiatan yang berbasis kesehatan masyarakat ——– 6 program pokok puskesmas  yaitu KIA, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan, P2P-Imunisasi ——–masih rutin dilaksanakan walaupun sebagain besar cakupan belum mencapai Standar Pelayanan Minimal (diatas 80%). Salah satu penyebab cakupan program tidak mencapai standar pelayanan minimal adalah tersedianya air bersih yang masih kurang dan adanya sanitasi yang buruk serta pengelolaan manajemen puskesmas yang belum maksimal, mengakibatkan semua program yang ada di puskesmas Batupanga ini sebagai satu kesatuan sistem saling mempengaruhi dalam pencapai standar pelayanan minimal.

Dalam Hal status pelayanan dan status kesehatan masyarakat yang berada di wilayah kerja Puskesmas Batupanga Kecamatan Luyo, hampir tiap tahun selalu saja mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) terutama KLB Diare,———–Hasil Penyelidikan KLB Diare Di Kec. Luyo Polewali Mandar——— Gizi Buruk dan beberapa kasus kematian bayi dan ibu.

Jumlah Petugas Kesehatan dan non kesehatan yang ada di Puskesmas ini berjumlah 35 orang, terdiri dari

  1. Dokter Umum 1 orang
  2. Dokter Gigi 1 orang
  3. Perawat 11 orang
  4. Perawat gigi 1 orang
  5. Bidan  3 orang
  6. Bidan di desa 8 orang
  7. Asisten apoteker 1 orang
  8. Kesehatan Masyarakat 4 orang
  9. Sanitarian 1 orang
  10. Petugas Gizi 1 orang
  11. Tenaga tata usaha 1 orang
  12. Sopir 1 orang.
Puskesmas Batupanga dilihat dari depan, gedung induk pada bagian belakang gambar telah mengalami pengerusakan berat

Puskesmas Batupanga dilihat dari depan, gedung induk pada bagian belakang gambar telah mengalami pengerusakan berat

Puskesmas Batupanga ini juga memiliki 1 (satu) kendaraan roda 4 untuk kegiatan puskesmas keliling, hanya ketika penulis mencoba melihat mobil Puskesmas ini, kondisi terutama body dan lantainya sudah dalam keadaan rapuk (baca: Rusak Berat), bisa dimengerti karena dalam operasionalnya mobil ini dalam mengunjungi desa-desanya untuk kegiatan puskesmas kelilingnya selalu melewati medan jalan yang  tidak beraspal (jalan pengerasan). Disamping kendaraan roda empat, puskesmas ini juga memiliki kendaraan roda dua (sepeda motor) yaitu sebanyak 10 unit, 2 diantaranya dalam keadaan rusak berat.

Untuk kegiatan-kegiatan yang berbasis kemasyarakatan  yaitu Usaha-Usaha Kesehatan yang Berbasis masyarakat (UKBM) terdapat 25 unit/pos, yang terdiri  terdiri dari 1 unit Poskesdes 24 posyandu (6 pratama, 13 madya dan 5 purnama).

Catatan penting  atau kesimpulan dari kunjungan penulis ke Puskesmas Batupanga Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat adalah

  1. Dari kondisi Gedung Puskesmas yang sudah menunjukkan keadaan rusak berat, sangat piperlukan perbaikan (rehabilitasi).
  2. Selain gedung mobil roda 4 yang dipergunakan untuk sarana pelayanan puskesmas keliling, perlu juga dilakukan perbaikan  terutama body dan lantai mobil yang sudah dalam keadaan rapuk.
  3. Dilihat dari sarana dan prasarana yang dimiliki sebenarnya Puskesmas Batupanga ini, telah mampu meningkatkan cakupan-cakupan pelayanan programnya guna mencapai standar pelayanan minimal (SPM) diatas 80%. Sangat di butuhkan upaya pemantapan manajemen puskesmas dalam memaksimalkan  sumberdaya dan prasarana yang telah ada, agar kejadian-kejadian yang bersifat KLB tidak selalu terjadi setiap tahunnya.

NB (Notabene)

Kunjungan penulis ke Puskesmas Batupanga Kecamatan Luyo dalam rangka pendataan (update)  data dasar puskesmas pada jaringan online sistem kesehatan nasional (Siknas Online) Pusat Data dan Survailans (Pusdasur) Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Sekaligus juga dirangkaikan dengan fasilitasi kegiatan musrembang kecamatan luyo berintegrasi dengan PNPM Mandiri Pedesaan tertangal  23 Februari 2011)

Baca juga tulisan terkait :

  1. Pusat Kesehatan Masyarakat Tutallu Polewali Mandar
  2. Puskesmas Polewali
  3. Up Date Puskesmas Binuang
  4. Puskesmas Pekkabata Kecamatan Polewali
  5. Profil Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar tahun 2009
  6. Bagian Pertama : Puskesmas dengan Wilayah Pantai di Polewali Mandar
  7. Bagian Kedua : Nama, Alamat dan wilayah kerja Puskesmas Se-Polewali Mandar
  8. RUMAH SAKIT KIA ”IBU AGUNG” SIAP BEROPERASI
  9. Ke Polewali Mandar

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

About these ads

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

One Response to Up Date Data Dasar Puskesmas Batupanga Kecamatan Luyo

  1. Wiwin Wahyudi mengatakan:

    TOLONG!!!!!!!!!!! Masyarakat d POLMAN d perhatikan pelayanan kesehatannya donk!!!!
    jgn cuma mw hsil dr tanah usaha milik mereka doank……………………

  2. Benyamin mengatakan:

    Memang..bigutulah gambaran sistem kesehatan kita. Sy berterimakasih kpd org2 yg bisa mengangkat hal2 spti itu spy pemerintah bisa peduli dan melihat masalah itu. Tetapi kita kadang maunya diperhatikan pemerintah, tp kadang malah dari institusi kesehatan juga yang tidak peduli dan merusak keadaan itu. Tapi mungkin itu msh mendinganlah dibandingkan dengan puskesmas2 di wilayah papua yg bisa bikin kita stress berat. Terimakasih sdh memperhatikan masalah itu. Tp klo boleh sekali kali lihat ke wilayah timur aja dulu.

    arali2008 menjawab
    kalau tidak ada halangan (kalau tuhan menginzinkan) saya akan berkunjungan ke Papua dan menulis hala-hal yang saya lihat……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 88 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: