Jumlah Penduduk Polewali Mandar diantara Penduduk Sulawesi Barat

Polewali Mandar Sulawesi Barat, — Di Tahun 2010 kegiatan besar yang dilakukan bangsa Indonesia tak terkecuali Propinsi Sulawesi Barat  adalah sensus penduduk.  Menurut  yang empunya proyek (BPS) bakalan banyak variabel yang akan diungkapkan dalam sensus penduduk tahun 2010 jika dibandingkan dengan sensus penduduk tahun-tahun sebelumnya. Namun dari semua variabel yang banyak tersebut, data yang sangat penting dari sensus penduduk  ini adalah diketahuinya jumlah penduduk secara menyeluruh disemua tingkat administrasi pemerintahan —Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/kota, Propinsi dan tentunya Indonesia.

Dari hasil Sensus Penduduk tahun 2010 tersebut,  kali ini penulis akan menyajikan jumlah penduduk tersebut  kkususnya jumlah penduduk kabupaten Polewali Mandar diantara jumlah penduduk Propinsi Sulawesi Barat ——-  Dilain waktu penulis akan menyajikan jumlah penduduk Polewali Mandar yang lebih menyeluruh——- Ada 4 hal penting yang penulis akan sajikan dalam tulisan ini  pertama, penyebaran jumlah penduduk. Kedua ; Laju pertumbuhan penduduk. Ketiga, tingkat kepadatan penduduk dan Kempat, Sex Ratio Penduduk. Ternyata jumlah penduduk Kabupaten Polewali Mandar diantara jumlah penduduk di Propinsi Sulawesi Barat menunjukkan Terbanyak dalam penyebaran jumlah Penduduk (34,21%), Terendah dalam Laju pertumbuhan Penduduk (1.44%), Tertinggi tingkat kepadatan penduduknya  (190 orang/km2) dan Terendah Sex Ratio (95%).

Adalah Sensus penduduk Hasil sensus penduduk tahun 2010, Jumlah penduduk Sulawesi Barat dilaporkan oleh BPS Polewali Mandar adalah 1.158.336 orang, terdiri dari 581.284 laki-laki  dan 577.052 perempuan (sex ratio =101) yang artinya jumlah penduduk laki-laki 1 persen lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk perempuan. Sex ratio terbesar terdapat di Kabupaten Mamuju Utara yakni sebesar 109 dan yang terkecil terdapat di dua kabupaten yakni Kabupten Majene dan Polewali Mandar yakni sebesar 95 yang berarti jumlah penduduk perempuan 5 persen lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk laki-laki.

Terendah Sex Ratio Penduduk Polewali Mandar adalah  yang paling rendah (jumlah wanita terbanyak)  diantara Kabupaten di Sulawesi Barat (95%).

Sementara itu penyebaran penduduk Sulawesi Barat  diantara lima kabupaten yang ada di Sulawesi Barat  paling banyak di Kabupaten Polewali Mandar yakni sebesar 34,21 persen. Polewali Mandar  adalah kabupaten teratas yang memiliki jumlah penduduk terbanyak  yaitu sebesar 396.253 orang, masih lebih diatas dari Ibu Kota Propinsi Sulawesi Barat Kabupaten Mamuju  yaitu hanya sebesar  336.879 orang, sedangkan kabupaten yang paling sedikit penduduknya adalah kabupaten Mamuju Utara yakni sebanyak 134.303 orang.

Jumlah Penduduk Polewali Mandar  adalah Terbanyak diantara Kabupaten di  Sulawesi Barat (34,21%)

Pada gambar di bawah ini terlihat dengan jelas Posisi Jumlah Penduduk Kabupaten Se Propinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Polewali Mandar berada pada urutan tertinggi, sementara yang terendah adalah kabupaten Mamuju Utara.

Sulawesi Barat yang mempunyai luas wilayah sekitar 16.990 kilo meter persegi yang didiami oleh 1.158.336 orang maka rata-rata tingkat kepadatan penduduk Sulawesi Barat adalah sebanyak 68 orang per kilometer persegi. Kabupaten yang paling tinggi tingkat kepadatan penduduknya adalah kabupaten Polewali Mandar yakni sebanyak 190 orang per kilo meter persegi sedangkan yang paling rendah adalah kabupaten Mamuju yakni sebanyak 41 orang per kilometer persegi.

Polewali Mandar Adalah yang tertinggi Kepadatan Penduduknya di Sulawesi Barat (190 orang per kilo meter persegi)

Hasil sensus tahun 2010 ini juga memperlihatkan laju pertumbuhan penduduk selama sepuluh tahun terakhir yakni dari tahun 2000-2010 laju pertumbuhan penduduk Sulawesi Barat sebesar 2,67 persen. Artinya dari 100 penduduk di Propinsi Sulawesi Barat ada 2-3 penambahan penduduk pertahunnya. Kabupaten Polewali Mandar walaupun menempati urutan pertama dari jumlah penduduk namun dari sisi laju pertumbuhan penduduk adalah yang terendah, demikian sebaliknya untuk Kabupaten Mamuju Utara, memiliki jumlah penduduk terendah namun laju pertumbuhan penduduknya tertinggi. Laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Mamuju Utara adalah yang tertinggi dibandingkan kabupaten-kabupaten lain di Sulawesi Barat yakni sebesar 5,93 persen, ini artinya dalam satu tahun dari 100 penduduk Kabupaten Mamuju Utara ada tambahan jumlah penduduk 5-6 orang. Sedangkan yang terendah di Kabupaten Polewali Mandar yakni sebesar 1,44 persen  atau dari 100 penduduk Polewali Mandar sekitar 1-2 ada tambahan  penduduk pertahunnya.

Polewali Mandar  adalah Paling Rendah Laju Pertumbuhan Penduduk di Sulawesi Barat (1.44%)

Penyajian tulisan ini, penulis juga tampilkan dalam bentuk Microsoft PowerPoint Pdf. Tampilan PowerPoint ini Anda dapat pergunakan untuk presentase sesuai keperluan Anda, Beberapa tampilan gambaranya terutama peta Sulawesi Barat dan  khusus Kabupaten Polewali Mandar anda dapat desain ulang  sesuai keperluan  atau selera Anda.

Dengan posisi kabupaten Polewali Mandar —— terbesar jumlah penduduknya,  terpadat jumlah penduduknya, Laju pertumbuhan yang rendah dan sex ratio yang hanya 95 % artinya jumlah wanita terbanyak. ——- akan sangat menarik jika nantinya dilihat dari variabel-variabel lainnya yang dihasilkan dari sensus penduduk tahun 2010 ini. Misalnya saja masalah pendidikan, Kesehatan dan masalah-masalah sosial-budaya-politik lainnya.

Demikian sedikit catatan sementara ——- data sementara——- jumlah Penduduk Polewali Mandar diantara Jumlah Penduduk Sulawesi Barat Indonesia, Hasil sensus penduduk tahun 2010 yang dikeluarkan oleh BPS Polewali Mandar  propinsi Sulawesi Barat tahun 2010.

Baca juga tulisan lainnya

  1. Data Sasaran Program Kesehatan 2010
  2. Bagian Pertama : Puskesmas dengan Wilayah Pantai di Polewali Mandar
  3. Bagian Kedua : Nama, Alamat dan wilayah kerja Puskesmas Se-Polewali Mandar
  4. Profil Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar tahun 2009
  5. Analisis Rata-Rata Indeks Pembangunan Manusia Polewali Mandar
  6. Sekilas Ke Polewali Mandar
  7. Sejarah Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar
  8. Review Program Surveilans Epidemiologi
  9. Rencana Strategis Kesehatan 2010-2014
  10. Memprediksi Kematian Ibu dan Bayi di Polewali Mandar
  11. Proyeksi dan Prediksi Kebijakan Kesehatan Polewali Mandar.
  12. Musrenbang Kecamatan Kab. Polewali Mandar Th. 2010
  13. Indeks Komposit MDGs (IKMDGs) Kesehatan Ibu adalah Prioritas
  14. Tugas dan Fungsi Dinas Kesehatan Polewali Mandar
  15. Peraturan Bupati Polewali Mandar No 16 tahun 2008
  16. Peran Kepala Dinas Kesehatan dalam Pemberdayaan Masyarakat Penyediaan Air Bersih Pedesaan

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

About these ads

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

One Response to Jumlah Penduduk Polewali Mandar diantara Penduduk Sulawesi Barat

  1. Ummu Izzah mengatakan:

    mantaaapp…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.382 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: