Laporan Hasil RIKESDAS 2007 Prop. Sulawesi Barat.

Kerangka Pikir Riset Kesehatan Dasar 2007POLEWALI, @arali2008.-- Akhirnya Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar Kabupaten (RIKESDAS) 2007 Polewali Mandar yang terhimpun dalam Laporan Akhir Riset Kesehatan Dasar (RIKESDAS) 2007  Propinsi Sulawesi Barat akhirnya tiba di tangan penulis. Laporan RIKESDAS 2007 ini menggunakan kerangka pikir Hendrik Blum (1974,1981) yang merupakan konsep yang masih ideal atau yang digunakan Depkes RI   dalam rangka  meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di seluruh wilayah  Indonesia.

Ada pengalaman yang sangat berharga bagi penulis dalam hal  RIKESDAS 2007 ini, karena penulis sempat melakukan pendampingan kepada pengumpul data. Pengalaman tentang  aplikasi penerapan teori blum untuk mengumpulan data dan  untuk upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Waktu kuliah memang pernah dilakukan praktek belajar lapangan (PBL) atau  beberapa pelatihan kesehatan diantaranya Pelatihan Perencanaan  dan Penganggaran Kesehatan Terpadu (P2KT)  yang menggunakan  konsep atau alur pikir  teori blum tetapi sekali lagi tidak selengkap Riset Kesehatan Dasar ini.

Mereka pengumpul data (Kabupaten Polewali Mandar) yang sempit penulis melakukan pendamping pada saat pelatihan perlu berbangga, karena mereka, akhirnya laporan tersebut diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Depkes RI Jakarta.

  1. Hikmawati,SKM
  2. Citawati,SKM
  3. Nurmanengsi, AMK
  4. Ramlah, AMD
  5. Fadhlan Danial, AMK
  6. Firdaus, AMK
  7. Zulfadli Syafaat, AMK
  8. Nuasiah, AMK
  9. Sitti Raodah, AMK
  10. Nurasmi, AMK
  11. Mardawiyah, AMK
  12. Mukarramah, AMK
  13. Irawati Jamaluddin, AMK
  14. Haerani, AMK Heriyani, Amd. AK
  15. Rosdiana, AMK
  16. Hasanah, AMK

Mereka pengumpul data itu adalah Laporan ini sangat penting untuk memberikan gambaran pembangunan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar dan yang terpenting adalah Pembangunan Kesehatan di Sulawesi Barat . Ini adalah pedoman yang sangat penting untuk Polewali Mandar dan kabupaten lain di Sulawesi Barat dan sekaligus juga merupakan entri point (pintu masuk) untuk  memulai pembangunan kesehatan di Propinsi Sulawesi Barat. Mengapa penting ! ? karena sejak pisah dengan propinsi induknya Sulawesi Selatan, Pembangunan Kesehatan di Propinsi Sulawesi Barat turun dratis dibawah titik kritis,—— Sulawesi Barat masih tidur begitu kata Dirjent Depkes RI——- padahal sebelumnya waktu masih gabung dengan propinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Polewali Mandar adalah salah satu pusat percontohan keberhasilan pembangunan kesehatan misalnya saja Penggunaaan Garam Beryodium ditingkat rumah tangga ditahun 2003  mencapai 95 % (BPS -2003) namun laporan riset kesehatan dasar 2007 hanya menujukkan sekitar 35 %. Dan masih banyak lagi data-data kesehatan lainya yang perlu ditahu, semuanya ada pada riset ini.

Anda orang kesehatan, baik yang berada di tingkat propinsi Sulawesi Barat, ataupun kabupaten yang ada di Sulawesi Barat, (Polewali Mandar, Majene, Mamasa, Mamuju dan Mamuju Utara), atau yang sementara mengikuti pendidikan di perguruan tinggi sangat layak untuk untuk membaca laporan Rikesda Sulawesi Barat ini.

Download selengkapanya.

Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar 2007 Propinsi Sulawesi Barat

____________________________________________________________

Artikel lain yang perlu ANDA TAHU

  1. Memaknai Kesehatan Sebagai Hak Asasi Manusia dan Kesehatan sebagai Investasi
  2. Sistem Pelayanan Kesehatan di Puskesmas
  3. Bedah Konsep Strategi RPJPM 2007-2012 Propinsi Sulawesi Barat
  4. Tampa Arah Kunjungan Pertama Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Barat di Dinas Kesehatan Polewali Mandar
  5. Di Balik Layar Kepemimpinan dan Mutasi Kepala DInas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar
  6. Perdebatan Angka Kematian Ibu
  7. Selamat Jalan BKKBN Polewali Mandari
  8. Peran Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dalam Pemberdayaan Masyarakat dan Penyediaan Air Bersih Pedesaan
About these ads

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

One Response to Laporan Hasil RIKESDAS 2007 Prop. Sulawesi Barat.

  1. Jeanene Bubier mengatakan:

    Hmm it looks like your blog ate my first comment (it was super long) so I guess I’ll just sum it up what I submitted and say, I’m thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog writer but I’m still new to the whole thing. Do you have any tips and hints for rookie blog writers? I’d certainly appreciate it.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.387 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: