Pola Pertumbuhan Berat Badan Ideal Balita 

slide5Polewali Mandar Sulawesi Barat,@arali2008– Ini adalah pertanyaan hampir semua besar ibu-ibu yang mempunyai anak balita. Mereka sudah datang di posyandu, tetapi berat badan anaknya tidak sama dengan anak-anak yang yang lainnya.

Pertanyaan ini juga kadang muncul pada mereka yang tidak pernah datang diposyandu, anak mereka  ada yang tinggi dan juga yang pendek, bahkan ada anak-anak yang selalu dipaksa makan agar gemuk, ada juga keluarga hanya tahu bahwa pada waktu makan, anak harus di beri makan kalau tidak mau makan dibiarkan saja hingga kelihatan kurus, tetapi mereka tidak khawatir  karena anak aktif dan sangat doyan minum susu. Tetapi ketika anak-anak ibu ini bergabung dengan anak-anak lainnya, mereka kemudian baru heran, kenapa pola pertumbuhan anak balitanya  berbeda dengan anak-anak lainnya.

Ibu-ibu balita ini kemudian ini mencari tahu, merela kepetugas kesehatan di posyandu, puskesmas, di rumah sakit atau di klinik-klinik kesehatan anak, tetapi mereka  belum mendapatkan pencerahan secara maksimal. Tulisan ini mencoba  sedikit  memberikan pencerahan dari persoalan diatas.

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Yang pertama anda harus tahu adalah istilah pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik dari waktu kewaktu. Sedangkan perkembangan adalah bertambahnya fungsi tubuh seperti pendengaran, penglihatan, kecerdasan, tanggung jawab dan lain-lain. Anda juga harus tahu bahwa setiap anak memiliki garis pertumbuhan yang berbeda-beda, anak tersebut akan tumbuh mengikuti pola pertumbuhan normalnya. Demikian pula dengan perkembangan fungsi tubuh, setiap anak memiliki tahapan perkembangan  menuju ke fungsi  yang lebih baik. Cirinya adalah  dapat diukur secara kuantitatif, mengikuti perjalanan waktu dan dalam keadaan normal (ingat! tidak ada kelainan/sakit) setiap anak memiliki jalur pertumbuhan tertentu

Pola Pertumbuhan Berat Badan Balita

Pada gambat terlihat Pola Pertumbuhan Berat Badan Balita : minimal 3 s/d 4 kali ditimbang berat badannya tiap bulannya untuk melihat pola ideal dan kecenderungannya.

Bagaimana  mengetahui pertumbuhan normal anak balita Anda, Pertama-tama anda harus mengukur berat badan dan tinggi badannya termasuk umur ketika ditimbang berat dan tinggi badannya. Kedua  :  tentukan berat badan ideal anak dan atau proporsi Berat badan dan Tinggi Badan anak termasuk Tinggi Badan idealnya, disini anda bisa melihat apakah anak anda tinggi atau pendek, gemuk atau kurus atau berat badannya kurang atau lebih.

Catatan : bagian pertama dan kedua ini diatas cukup diukur tiap 6 bulan atau setahun sekali.

Ketiga : anak anda harus punya KMS (Kartu Menujuh Sehat) Anda bisa dapatkan secara gratis di Puskesmas terdekat Anda. Dan Keempat : Isi  berat badan balita  anda tiap bulannya pada KMS tentunya sesuai umur dan tarik garis mengikuti pita pada KMS.

Repot juga Yach? Memang sedikit repot, tetapi ini penting untuk  memantau pertumbuhan anak balita Anda, untuk memperoleh keadaan gizi yang seimbang yang dapat ditunjukkan  pada keadaan pertumbuhan yang baik, dan inilah indikasi perkembangan keadaan gizi yang baik. Sebaliknya bila keadaan gizi tidak seimbang, akan dapat menunjukkan gangguan pertumbuhan, indikasi perkembangan keadaan gizi akan semakin memburuk.

Satu hal yang penting juga adalah pola pertumbuhan berat badan sebenarnya tergantung dari Tinggi Badan dan Proporsi (keseimbangan) Berat Badan dan Tinggi Badan. Polanya akan terlihat pada Kartu Menuju Sehat (KMS) pertumbuhan status berat badan ideal anak.

Interpretasi KMS……

Setelah semua data dan informasi  Anda dapatkan, selanjutnya akan saya jelaskan intepretasinya  sebagai berikut :

PERTAMA ; Pertumbuhan yang diharapkan pada anak dengan statu awal  Berat Badan Idealnya baik (normal) dengan Tinggi Badanya Normal, akan terlihat proporsi (keseimbangan) berat badan dan tinggi badanya normal, maka pola pertumbuhan berat badan pada anak akan terlihat pada KMS adalah  standar seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

slide11Berat badan standar (ideal) pada anak usia 1-10 tahun secara praktis dapat digunakan rumus = 2n+8, dimana –n- adalah usia dalam tahun koma bulan  misalnya usia 15 bulan ditulis 1,3 (satu koma tiga)

KEDUA ;  Pertumbuhan yang diharapkan pada anak dengan status Berat Badan awalnya  Kurang dan Tinggi Badannya Pendek, akan terlihat proporsi (keseimbangan) Berat Badan dan Tinggi adalah  Normal,  maka pola pertumbuhan anak  pada KMS  akan berada dibawah standar, pola tersebutlah yang diharapkan, karena  jika mengikuti Pola Pertumbuhan Standar, anak akan terlihat  kegemukan (obesitas). Seperti terlihat pada gambar dibawah ini
slide21
KETIGA ; Jika pertumbuhan pada anak dengan status awal Berat Badannya Kurang, sedangkan Tinggi Badannya normal, akan terlihat proporsi (keseimbangan) Berat Badan dan Tinggi Badan anak adalah kurus, maka pola pertumbuhan anak yang diharapkan  adalah harus berada pada pola standar. Jadi anak harus terus dinaikan berat badannya  sampai berada pada pola standar, tetapi  pola ini tidak boleh dipaksakan bila anak tersebut sejak awal memang sudah mempunyai Tinggi Badan  Pendek. Seperti terlihat pada kedua gamabar dibawah ini
slide31Gambar berikutnya

slide4Fahamilah Anak Anda………

Semoga pola pertumbuhan Berat Badan Ideal Anak, Anda dapat memahaminya, dan yang terpenting adalah semoga Anda dapat memahami anak Anda, seperti suara mereka berikut ini.

Dari Lingkungan, Anak-Anak  Belajar
Jika  kami banyak dicela,  kami akan terbiasa menyalahkan
Jika  kami banyak dimusuhi, kami akan terbiasa  menentang
Jika  kami  dihantui ketakutan, kami akan terbiasa merasa cemas
Jika  kami banyak dikasihani, kami  akan terbiasa meratapi nasib
Jika  kami  dikelilingi olok-olok,  kami akan terbiasa jadi pemalu
Jika  kami  dikatai rasa iri,  kami  akan terbiasa merasa bersalah
Jika  kami serba dimengerti,  kami akan terbiasa jadi penyabar
Jika  kami banyak diberi dorongan, kami terbiasa percaya diri
Jika  kami banyak dipuji, kami akan terbiasa menghargai
Jika  kami  diterima oleh lingkungan,
kami akan terbiasa menyayangi
Jika  Kami tidak banyak dipersalahkan,
kami akan terbiasa senang menjadi diri sendiri
Jika Kami mendapatkan pengakuan dari kiri kanan,
kami akan terbiasa menetapkan arah langkah
Jika Kami diperlakukan dengan jujur, kami akan terbiasa melihat kebenaran.
Jika Kami ditimang  tanpa berat sebelah, kami akan terbiasa melihat keadilan
Jika Kami mengenyam rasa aman,
kami akan terbiasa mengandalkan diri  dan mempercayai orang sekitarnya
Jika Kami dikerumuni keramahan, kami akan terbiasa berpendirian:
“Sungguh Indah Dunia Ini!”

Dikutip dari Dorathy Low Nolte
Children Learn They Live With

……………………………………………………………………………………………………………………………………

Baca Artikel terkait

  1. Apakah Masalah gizi Itu ?
  2. Laporan Status Gizi dan Pemantauan Pertumbuhan Balita.
  3. Pedoman Pengelolaan Program Gizi Puskesmas
  4. Catatan Ringan tentang Perkembangan Posyandu
  5. Mengitung Kebutuhan (Gizi) Air
  6. Cara Praktis Mendeteksi gizi Buruk dengan Menggunakan berat  Badan Ideal
  7. Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil
  8. Pemberian Kapsul Vitamin A  pada balita di Polewali Mandar
  9. Ada Gizi Buruk Di Tengah-tengah Kelebihan Berat Badan Orang Dewasa
  10. Perdebatan Angka Kematian Ibu
  11. Hasil Audit Non Klinis Kematian Ibu dan Bayi
  12. Mama Aku Mau Mati

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

About these ads

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

5 Responses to Pola Pertumbuhan Berat Badan Ideal Balita 

  1. erma mengatakan:

    asalamualaikum..

    artikelnya sangat bagus sekali pak, bisa menjadi bahan referensi skripsi saya. saya sedang bingung pak dengan pertanyaan dosen pembimbing saya, apakah anak yang BGM tapi berat badannya naik ketika ditimbang dikatakan mengalami pertumbuhan naik atau turun. mohon penjelasannya dan terima kasih sebelumnya

  2. putri mengatakan:

    assalamualaikum
    pak, boleh nanya, ada link/sumber tentang bagaimana korelasi kenaikan berat badan (anak) terhadap resiko penyakit gak? atau sejenis.a yg valid..
    saya sedang melakukan penelitian tentang pengaruh obat terhadap kenaikan berat badan, mohon bantuan.a pak, terima kasih bnyk sebelumnya..

    arali2008 menjawab
    sumber reteratur tentang korelasi kenaikan berat badan (anak) terhadap resiko penyakit itu banyak sekali de”putri, di perpustakaan kampus pasti ada, hanya caranya pandai-pandailah buat pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan varibel penelitiannya

  3. doris mengatakan:

    sangat bagus artikelnya, sangat membantu saya makasih ya!

  4. Master Agroburung mengatakan:

    Met malem Om….
    Sehat-sehat saja kan? Maaf lama nggak berkunjung karena sibuk bikin web baru dan sekarang sudah mending agak klar dan bisa jalan-jalan lagi berkunjung ke teman-tema lama (wuih.. sok akrab ya, ah nggak apa2 ya?).
    Kalau dulu link Om Arali ada di blog saya, sekarang tetap nengkreng di “rumah baru” saya. Saya pakai ID Open baru nih, meski ID open yang biasa saya pakai juga masih ada. Dari alamat email yang masuk, Om masih ingat saya kan?
    Ya mangga kalau sempat mampir ke gubug baru saya… Saya tunggu…
    Salam hangat…

    @arali2008 menjawab
    suit-suit hebat re’! naik kelas nie…. “maaf baru dijawab soalnya dua harinya lagi lihat SBY dan JK bertarung”

  5. kuliahaja mengatakan:

    assalamualaikum
    pak ane maw nanya gimana cara buat tanda offline ato online kita di wordpress
    jalan-jalan juga ke blog ane
    http://www.rioardi.wordpress.com
    ya pak…
    selamat berjuang juga…

    @arali2008 menjawab
    silakan kunjungi forum WordPress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 88 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: