Dari Pertemuan Jamkesmas 2008. ke Survai Harga Alat Kesehatan untuk HPS

Logo @arali2008@arali2008. Polewali Mandar Sulawesi Bara-– Tanggal 30-31 Agustus 2008 Saya mengikuti Pertemuan Pengelolaan Jamkesmas Tahun 2008, sehari setelah istirahat dari tanggal 2-4 September 2008 saya ditugaskan kembali oleh pimpinanku dr. H. Achmad Azis M.Kes, untuk melakukan survei harga alat kesehatan di beberapa agen dan perusahan di Jakarta yang akan saya gunakan sebagai pedoman dalam menetapkan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Pelelangan Umum Pengadaan Alat Kesehatan dari sumber dana ad hoc Pemerintah RI kabupaten Polewali Mandar yang akan dilakukan pada minggu kedua puasa nanti.

Pertemuan JAMKESMAS 2008.

Makassar ( 30-31 Agustus 2008)

Sehubungan dengan posisi saya dikantor sebagai koordinator tim pengelola Jamkesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar. Pada tanggal 30-31 Agustus 2008, saya ditugaskan oleh kantor untuk mengikuti pertemuan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) tahun 2008 di Makassar hotel Quality2. Pertemuan yang diselenggarakan oleh Tim Pengelola Jamkesmas Pusat dengan peserta adalah tim pengelola Jamkesmas seluruh Propinsi dan kabupaten/kota wilayah Sulawesi, Maluku dan Irian, bertujuan untuk memantapkan pelaksanaan Asuransi Kesehatan Masyarakat Miskin (askeskin) yang sebelumnya dikelola oleh PT ASKES (kecuali kepesertaan mulai dari verifikasi data, penerbitan kartu sampai dengan verifikasi kepesertaan pada saat mendapatkan pelayanan kesehatan). Pada tahun 2008 telah berubah nama menjadi Jaminan Kesehatan Masyarakat yang akan dikelola oleh Tim yang dibuat oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/kota dan nantinya sebagai cikal bakal Badan Pengelola JAMKESMAS Kabupaten yaitu TIM PENGELOLA JAMKESMAS KABUPATEN/KOTA yang bertugas mengelola administrasi, pembiayaan dan pelayanan kesehatan di rumah sakit mapun di puskesmas. Di Rumah sakit akan ditugaskan tenaga verifikator independent yang akan menverifikasi administrasi pelayanan rumah sakit dan dipuskesmas akan diverifikasi oleh tim pengelola kabupaten.

Tujuan dari Jamkesmas adalah meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan mulai dari masyarakat sangat miskin, miskin dan hampir miskin diharapkan pada tahun 2008 ini dapat mulai dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan kesehatan sehingga masyarakat dapat semakin sehat dan produktif yang pada akhirnya upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dapat diwujudkan.

Hal yang baru dalam jamkesmas ini adalah adanya tenaga verfikator independen yang difasilitasi oleh Tim Pengelola Kabupaten, ditempatkan di Rumah Sakit untuk melayani pelayanan kesehatan masyarakat miskin. Walaupun Rekening dana Jamkesmas langsung ke Rumah Sakit tidak serta merta setiap rumah sakit dengan seenaknya dapat mencairkan pelayanan pasien miskinya sebelun diverifikasi oleh tenaga verifikator independen ini dan yang terpenting adalah perubahan sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit akan semakin tertata dengan baik sesuai dengan standar-standar pelayanan kesehatan yang terformulasi pada pelayanan rumah sakit dan daftar tarif paket yang akan diberlakukan disemua rumah sakit pemerintah vertikal maupun daerah. Jadi semua pelayanan kesehatan akan terkendali secara rasional, apalagi penagihan klain akan dilakukan secara berkala dan tepat waktu dengan aplikasi software computer.

Pelaksanaan sistem jamkesmas ini akan mulai diberlakukan secara resmi tanggal 1 September 2008 serentak di seluruh Indonesia untuk rumah sakit vertikal dan rumah sakit daerah mulai diuji cobakan sehingga Desember 2008. Pada tahun 2009 semua rumah sakit di seluruh Indonesia wajib diberlakukan.

Yang jelas anda tidak akan melihat lagi dokter dan pelayanan yang tidak terlibat/masuk dalam paket pelayanan kesehatan mendapatkan paket biaya yang selama ini seenaknya Rumah Sakit menggabungkannya yang sudah jelas-jelas merugikan pasien dan mengenyakan mereka yang tidak bekerja. Seperti salah satu contoh kasus hasil pengawasan mutu pelayanan rumah sakit umum Polewali di bulan Januari 2008 dibawah ini :

POLEWALI, Seorang ibu yang akan melahirkan masuk pada malam hari (pukul 10 Malam) di Rumah Sakit Umum Polewali, dua jam kemudian tepatnya jam 12 malam ibu hamil ini melahirkan dengan normal, ibu dan bayi sehat dan lahir dengan selamat, paginya ibu dan bayi baru mendapatkan pelayanan pasca salin, rawat inap 2 hari, dilayani oleh seorang bidan dan perawat Rumah Sakit tampa ada dokter ahli kandungan. Ketika pasien ibu ini akan pulang ia harus membayar dengan rincian yang sebagian besar ia tidak dapatkan. Diantaranya pelayanan dan konsultasi dokter ahli, dan penggunaan obat. Suaminya pulang dengan mengeleng-geleng kepala ” untung sekali istriku lahir dengan normal” kata suaminya sambil meredam rasa kecewahnya. Ketika ia mengkonfirmasikan kepada penanggung jawab perawatan, ia hanya berkata ” sudah memang demikian paketnya” suaminya mengiyakan saja, ketika ditanya obatnya istrinya tidak perna diberikan sementara dipaket pembayaran ada, sang penangung jawab hanya berkaya ”masa sih”! Ia cepat-cepat minta maaf, Sang suami bersama istri dan bayi pulang dengan perasaan ketikpuasan tampa pemberian obat namun dibayar, untung sekali istrinya lahir dengan normal.”

Survey Harga Alat Kesehatan untuk HPS

Jakarta ( 2-4 September 2008).

Saya sebenarnya kurang berminat dalam pekerjaan pengadaan barang dan jasa. Karena dikantor saya juga kurang dilibatkan dalam kepanitiaan pengadaan barang dan jasa. Namun karena beberapa teman di Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar belum ada yang memiliki sertifikat Nasional Pengadaan Barang dan Jasa, dan juga karena beberapa teman yang ikut ujian sertifikat pengadaan barang dan jasa tidak sempat lulus. Maka oleh pimpinanku mencoba menugaskanku untuk ikut ujian sertifikat pengadaan barang dan jasa di Jakarta. Untuk tidak mengecewakan pimpinanku, saya harus membaca buku pedoman pengadaan barang dan jasa sesuai dengan kepres no 80 tahun 2008 dengan perubahannya sebanyak 2 kali dan mencoba mengingat-ingat pengadaan itu ada pembelian langsung, penunjukan langsung, pemilihan langsung dan pelelangan umum sesuai dengan tahapan dan prosedur-prosedur rasional. Saya Cuma berharap lulus dengan L2 saja. Hasil ujian tidak berbeda dengan apa yang saya harapkan Saya lulus dengan L2. Dua teman saya sekantor ( Bpk Haedar dan Ibu Sidrah yang pekerjaan tiap tahun adalah masuk dalam kepanitian pengadaan barang dan jasa dan juga sebagai PPTK, hanya bpk Haedar yang lulus, harapannya lulus dengan L4 tapi hanya lulus dengan L2, ibu Sidrah terpaksa harus mencoba merencanakan ujian kembali.

Setelah satu hari istirahat dari pertemuan Jamkesmas dan Karena Sertifikat Nasional Pengadaan Barang dan Jasa (L2) inilah, kembali Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Polewali Mandar dr. H. Achmad Azis M.Kes menugaskan kami ( sertifikat L2 ) sebagai sekretaris pemula dalam Panitia pengadaan dengan ketua Ir Baharuddin Yafie dan anggota ibu Sukria Hatma untuk melakukan survei harga dibeberapa agen dan atau perusahan peralatan kesehatan di Jakarta mulai tanggal 2-4 September 2008. Survei ini dilakukan dalam rangka menetapkan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dalam pelelangan Pengadaan alat kesehatan untuk poskesdes, puskesmas, kebidanan dan puskesmas keperawatan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar dari sumber dana ad hoc.

Ada 5 perusahan yang berhasil kami kunjungi, melihat daftar dan alat kesehatan, harga dan spesifikasinya. Semua harga yang ditunjukkan dari setiap perusahan berbeda-beda. Kami akan mengambil rata-rata dari harga peralatan kesehatan dari 5 perusahan ini sebagai Harga Perkiraan Sendiri yang tentunya setelah ditambah dengan harga-harga pajak, biaya pengiriman, pengenalan alat kurang lebih 30 %. Insya Allah minggu depan depan (minggu kedua puasa) akan kami umumkan pelelangannya.

Pelajaran Berharga.

Dari Pertemuan Jamkesmas 2008 ke Survai Harga Alat Kesehatan untuk HPS ada beberapa hal yang dapat menjadi pelajaran diantaranya adalah

  1. Pedoman yang telah dibuat ( Pedoman Jamkesmas dan Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa ) merupakan pengangan utama mengaplikasikan setiap kegiatan
  2. Apabila pedomannya masih kurang jelas coba lihat surat-surat yang penting tentang pengadaan barang dan jasa
  3. Di Jakarta Dalam Pelelangan umum apalagi penujukkan langsung yang diikuti oleh rekanan, mereka tidak perna merasa kalah dan juga merasa menang karena panitia lelang dan juga rekanan telah menawarkan paket-paket pengadaan untuk semua rekanan jadi jika ada 10 paket yang ditawarkan maka ada satu paket yang bisa mereka menangkan. Bisakah ini dilakukan di Kabupaten Polewali Mandar ? Menurut kami dengan profesionalisme bisa dilakukan.

opini dari fakta empiris
download :

  1. Standar Harga Alkes Pengembangan Puskesmas 2008
  2. Standar Harga Alkes Puskesmas Lanjutan 2008
  3. Standar Harga Alkes Poskesdes 2008
  4. Peralatan Alkes RS Type C
  5. DAFTAR PERALATAN RS class B
  6. Hasil`ujianku  sertifikat Barang dan Jasa Nasional

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris
Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat

About these ads

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

24 Responses to Dari Pertemuan Jamkesmas 2008. ke Survai Harga Alat Kesehatan untuk HPS

  1. augustinus mengatakan:

    halo pak, kami di papua agak kesulitan dalam menentukan hps alkes, kami hanya ada pbf. lalu harga yang di tawarkan disini cukup tinggi, dg alasan transportasi. sedangkan kalo kami memakai harga internet maupun pabrikan ditambah 30-40% maka tidak ada yang mau ikut penawaran. mhn masukannya dan saya senang dg blog ini. juga mhn dikirimkan dokumen penunjukan langsung utk obat generik buat program jamkesmas.makasih.

    @rali2008 menjawab
    Hallo Juga…… Papua dimana nie…. HPS alkes dengan penambahan 30-40% kalau memeng tinggi.. tidak perlu lah ditambah sebesar itu…..untuk dokumen penunjukan langsung pengadaan obat kalau biayanya besar pada dasarnya dokumen sama saja dengan lelang yang lainnya untuk jelasnya ikuti saja langkah-langkah dan jadwal berikut :

    Pertama:
    Persuratan atau kunjungan Kepada Penyedia perihal pengadaan yang anda lakukan jikalau berminat dimohon untuk masukan dokumen kualifikasi (sesuai format kualifikasi) minimal 3 penyedia yang akan ditunjuk langsung (1-3 hari)
    Kedua :
    Evaluasi kualifikasi dan Pengumuman/pemberitahuan kualifikasi salah satu yang ditunjuk langsung (1 hari )
    Kedua :
    Undangan kepada penyedia yang ditunjuk untuk Pengambilan Dokumen Lelang yang berisi administrasi, tehnis dan harga obat yang mau dibeli dan penjelasan Pekerjaan (aanwijzing) diakhiri dengan Penyusunan Berita Acara (BA) Penjelasan Dokumen Lelang dan Perubahannya (1 hari)
    Ketiga :
    Pemasukan Dokumen Penawaran dan kemudian lakukan Klarifikasi administrasi, tehnis dan Negosisasi harga (volume) diakhiri dengan Penyusunan atau pembuatan Berita Acara (BA) Penetapan Penunjukkan Langsung (1 hari)
    Keempat :
    Penandatangan Kontrak kalau anggaran besar kalau anggaran kecil Surat Perintah kerja saja (1 hari)

    Terima kasih

  2. Aji Wijaya mengatakan:

    Sy sedang melakukan pengadaan alkes untuk Puskesmas
    Bisa tolong dibantu untuk membuat spesifikasi minimum. Kalau ada contoh RKS atau bidding doc mohon dibagi.
    Terima kasih banyak.
    Wass

    arali2008 menjawab
    waou maaf nie saya belum punya

  3. icha mengatakan:

    salam kenal,,
    sy capeg yg ditugasi mengaudit pengadaan alkes dan obat dinkes..
    kalo ada daftar harga yang lain untuk alkes,,bolehkah sy minta filenya untuk dikirim ke email sy?
    sy sdg mcari2 dftar harga alkes dr berbagai tempat,,
    sy mohon bantuannya krn ini tugas pertama sy jd capeg..
    terima kasih sebelumnya

    arali2008 menjawab
    daftar harga yang terbaru alkes saya belum punya

  4. adifaisal mengatakan:

    saya ingin mendapatkan jenis dan harga perkiraan sendiri peralatan ICU terutama ventilator, trims

    arali2008 menjawab
    tinggal cari beberapa harga pabrikan. atau agen atau sumber-sumber lainnya (bisa diiintenet) atau berkas pengadaan yang ada pada pengadaan lelang sebelumnya,
    misalnya didapat 3 harga,
    1. harga I = 4 juta,
    2. Harga II = 6 juta
    3. Harga III = 7 juta
    jumlahkan dan ambil rata-ratanya (17 juta dibagi 3) = 5.7 Juta sebagai HPSnya, harga ini bisa ditambah-tambah untuk biaya ganti pajak kalau belum ada pajak, operasional kalau belum ada operasional dan keuntungannya. Tambahan tidak boleh lebih dari 30% hitungan rata-rata HPSnya

  5. adifaisal mengatakan:

    minta tolong saya dikirimkan dokumen lelang untuk pengadaan alkes dengan sistim merit point
    trim’s atas bantuannya

    arali2008 menjawab
    dalam pengadaan lelang di Kantor Dinas Kesehatan Polewali Mandar saya tidak pernah pakai sistem Merit, saya hanya pakai sistem gugur dengan dua sampul. Saran saya sebagaimana saya sering diskusi sesama teman yang menggunakan merit point. Prinsipnya adalah Perbandingan antara Kualitas dan harga adalah 70-80% untuk kualitas barang dan 30-20% untuk Harga. Jadi tinggal di ambil mau 70 :30 atau 80 :20. Dari sini kemudian dijabarkan untuk masing-masing alat yang dilelang.
    Misalnya untuk :
    1. kualitas microskop buatan Jerman nilai 80, Jepang nilai 75, CIna nilai 65 dan lainnya 60.
    2. Harga microskop jerman 10 juta. jepang 8 juta, cina 7 juta dan lainya 8 juta
    Maka yang menang adalah yang kuaitas baik dan harga murah yaitu Jepang
    penjelasannya
    1. jerman kualitas sangat baik (80%), harga mahal (5%) = 85%
    2. Jepang kualitas baik (75%), harga standar (15%) = 90%
    3. Cina kulitas cukup baik (65%), harga murah (20%) =85%
    4. lainnya kualitas layak (60%), harga standar (15%) = 75%
    Jadi yang menang adalah Jepang.

  6. Endang Sopian mengatakan:

    Tolong dong Minta Harga Standar Mikroskop Binikular

  7. Urat Simanjuntak mengatakan:

    Met siang pak.
    Saya minta tolong kalau boleh dikirimkan harga barang sesuai Standar Alat Kesehatan untuk Poskesdes yg dari Juknis DAK 2010, dan daftar harga dan nama alat untuk Peningkatan Pustu ke Puskesmas tahun 2010.
    Tks.

    arali2008 menjawab
    Kalau saya kirimkan Anda tetap mendownloadnya, mending Juknis DAK 2010 Anda bisa langsung Download, Bisa pada Halaman Download Blog @arali2008 bisa pada halaman download situs Depkes.go.id. Anda bisa langsung juga download beberapa harga dan alat kesehatan di Blog @arali2008.

  8. Agung Cahyono mengatakan:

    Bos, kami sole distributor untuk rapid test dari jepang. ada yang butuh rapid test ngak yach

    arali2008 menjawab
    OK BOS, nanti saya hubungi teman-teman, kalau ada kebutuhannnya, saya hubungi yach BOS?

  9. ratna mengatakan:

    Tahun 2010 ini kita dipilih oleh kadinkes kab.keb.meranti untuk jadi Tim Pengadaan Barang Jasa. Boleh nggak diminta copy contoh Dokumen Pelelangan untuk Alkes, Contoh Blanko Penilaian, Contoh semua proses lelangnya beserta alamat2 perusahaan distributor alkes yang saudara ketahui, sebagai bahan survei untuk penyusunan HPS??? Sebenarnya kita juga ingin melaksanakan pengadaan ini sebaik mungkin, tapi kita masih sangat kesusahan mendapatkan info harga produk alkes untuk bahan penyusunan HPS Alkes.

    arali2008 menjawab
    contoh dokumen saya kirim via emailnya, dalam dokumen sudah ada uraian cara penilaian dan proses lelangnya—– tinggal kreatifitasnya saja, mengenai info harga, anda bida download tapi bukan merupkan patokan tapi bandingkan bebrapa harga untuk penentuan hps

  10. hernah mengatakan:

    saya butuh referensi, adakah peraturan – peraturan ketentuan mengenai penyusunan HPS? tks… saya tunggu kabarnya…

    arali2008 menjawab
    refrensi HPS coba lihat kepres no 80 tahun 2003 dan perubahannya

  11. Mila mengatakan:

    Saya ingin turut sumbang saran dlm penyusunan HPS. Sbg pemilik Blog ini, Pak Arali sudah banyak membantu. saya salut atas kerja samanya. Mengingat banyaknya kasus korupsi yg berkaitan dengan pengadaan barang/jasa termasuk alkes (Di Depkes, sedand disidang mantan Menkes dan mantan karo Perencanaan Depkes), saya ingin menambahkan jawaban Pak Arali sbb:
    dalam survei harga, minimal tiga tapi usahakan lebih. Jangan lupa, harga yg diberikan agen tersebut adalah masih 100 %. tanyakan diskon yg bisa diberikan jika Sdr/i jadi mengambil barang,biasanya minimal 20 %. Ingat, kasus Menkes, ada barang yg dimark up dari agen sebesar 5000 %. Ingat juga asal barang dari negara mana. Biasanya Harga barang lokal dan china paling murah, sedangkan Amerika dan Eropa lebih mahal sesuai kualitas.
    Kalau kita hanya mendapat tiga harga dari hasil survei harga rekanan, yang terendah itu yang diambil, agar hati-hati. Karena semua harga tersebut kemungkinan masih tinggi, pdhl masih ada agen yg lebih murah.
    Yg saya tekankan, janganlah proses pengadan itu, baik lelang umum, terbatas dan PL direkayasa agar perusahaan tertentu menjadi penyedia jasa. klu terjadi, keuntungan rekanan tidak diakui dan menjadi kerugian keuangan negara. Biaya lain harus ada bukti yg sah, jika tdk akan menjadi kerugian negara juga.
    Cukup sekian urun rembugnya. Tks.

    arali2008 menjawab
    terima kasih Mila, komentarnya semakin memperjelas persoalan penentuan HPS

  12. emil sabri,skm mengatakan:

    saya sudah 3 kali menjadi panitia pengadaan barang dan ditahun ini saya lulus L2 memang dari tahun ke tahun kami selalu perbaikan sistem dan tata cara pengadaan yang baik dan akuntabel hanya memag untuk penyusunan hps masih ada kekurangannya. Kami mohon ada gak petunjuk yang dapat dipertanggung jawabkan dalam penyusunan hps? mohon juga dikirim contoh dokumen pengadaan dengan sistem koreksi aritmatik dalm penilaian calon pemenang, trim’s

    arali2008 menjawab
    Sdr sejawat tidak udah bingung Penentuan HPS memang sulit karena biasa distributor tidak mau memberikan harga jualnya secar komplit, diblog saya ini ada beberapa harga, di lampiran buku pedoman DAK juga ada, beberapa harga dari peserta lelang yang anda buat juga bisa diambil, itu sudah cukup bahan untuk membandingkan harga yang wajar untuk HPS. Contoh dokumen juga tida usah tebal-tebal yang pneting prinsip-prinsip ada yaitu Data Administrasi, Data Tehnis dan Data penawaran (kuantitas dan harga) dari data yang akan dilelang HPS dan Spesifikasinya dasarnya. Untuk penilaian calon pemenang lihat saja kelengkapan berkasnya (administrasi, tehnis dan penawaran)—-ada tidak ada—kalau semua peserta lelang ada berkasnya, lakukan berikan bobot untuk data tehnis dan harga dengan perbandingan 70 :30. maksudnya kualitas barang (alkes) terbaik misalnya buatan jepang/jerman nilai tertinggi 70 dan penawar terendah nilai maksimal cuma 30. Semua kita akan dapatkan harga terenda dengan kualitas terbaik. semoga dapat membantu

  13. siti aisyah,skm mengatakan:

    Aku kesulitan sekali menyusun HPS, ujian nggak lulus2, hasil audit irjen kemarin, harga terlalu tinggi, enaknya pake rumus apa ya???

    @arali2008 menjawab
    Harga perkiraan sendiri dari pengalaman saya, disusun berdasarkan tiga harga dari hasil survei harga rekanan, yang terendah itu yang diambil, kalau dari harga pabrik naik 30 % untuk biaya operasional, pajak dan biaya lannya tidak boleh lebih 30 %. Prinsip Harga pokok barang ditambah 30-40% biaya operasional, pajak dan tentunya keuntungannya rekanan, kira-kira demikian jawabannya

  14. yandi mengatakan:

    pak trims emailnya adah sya terima,,sesuai kepres bhw dlm pengadaan obat generik bisa dgn penunjukan lgsg, untuk itu sy minta copy ttg dokumen penunjukan langsung obat generik,, trims

    @arali menjawab
    saya kirimkan dokumen yang ada di laptop saya saja yaaa, kurang lengkap tapi bisa dirancang kembali menjadi dokumen sesuai keinginan anda.

  15. reza pusadan mengatakan:

    salam kenal.
    mas saya mau tanya, punya standarisasi harga Barang Habis pakai (BHP)/Alkes untuk jamkesmas ?? tolong dong dibantu.. terima kasih sebelumnya

    arali2008 menjawab
    standarisasi harga Barang Habis Pakai termasuk alat khusus untuk jamkesmas, saya mohon maaf sekali, saya tidak punya, tetapi untuk tidakmengecewakan anda saya kirim beberapa harga bahan habis pakai melalui email Anda

  16. yandi mengatakan:

    pak e mailnya dr bapak belum masuk

    @arali2008 menjawab
    silakan cek emailnya

  17. yandi mengatakan:

    Boleh nggak diminta copy contoh Dokumen Pelelangan untuk Alkes, Contoh Blanko Penilaian, Contoh semua proses lelangnya beserta alamat2 perusahaan distributor alkes yang saudara ketahui, sebagai bahan survei untuk penyusunan HPS??? Sebenarnya kita juga ingin melaksanakan pengadaan ini sebaik mungkin, tapi kita masih sangat kesusahan mendapatkan info harga produk alkes untuk bahan penyusunan HPS Alkes + sistem merit pointnya, trims

    @arali2008 menjawab
    Ok! saya kirimkan yang saya punya melalui email Anda

  18. rain meike mengatakan:

    salam kenal……..
    bagus mas blognya………
    tolong dong kirim contoh dokumen pelelangan dan soal ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa . ….. thanks.
    maju terus……
    efrainmeike@gmail.com

    arali2008 menjawab
    yach kebetulan ada draf di laptop, saya kirimkan melalui email anda

  19. Alfitri Hamda mengatakan:

    Sore Pak…
    Bagaimana cara mendownload standar harga alat kesehatan RSU kelas C
    Saya sudah mencoba mencari dihalaman download, tapi tidak ketemu, mohon bantuannya.
    Terimakasih

    @arali2008
    bisa didownload pada download alat kesehatan RSU kelas C diatas. Bisa dcoba sekali lagi downloadnya.tetapi maaf hanya alatnya saha harga saya belum punya

  20. syarifuddin mengatakan:

    salam kenal

    minta tolong saya dikirimkan dokumen lelang untuk pengadaan alkes dengan sistim merit point

    trim’s atas bantuannya

    @arali2008 menjawab
    maaf jawabnya agar terlambat, Ok nanti saya carikan, kalau ada sangat akan kirimkan
    terima kasih atas kunjungannya

  21. Taman Prasi mengatakan:

    Selamat siang pak,…

    Tahun 2009 ini kita dipilih oleh kadinkes (Tanggamus) untuk jadi Tim Pengadaan Barang Jasa. Boleh nggak diminta copy contoh Dokumen Pelelangan untuk Alkes, Contoh Blanko Penilaian, Contoh semua proses lelangnya beserta alamat2 perusahaan distributor alkes yang saudara ketahui, sebagai bahan survei untuk penyusunan HPS??? Sebenarnya kita juga ingin melaksanakan pengadaan ini sebaik mungkin, tapi kita masih sangat kesusahan mendapatkan info harga produk alkes untuk bahan penyusunan HPS Alkes.

    Makasih atas bantuannya.

    ttd

    Taman Prasi
    prasitaman@yahoo.co.id

    @arali2008 menjawab
    ok, nanti saya usahakan, dalam beberapa minggu ini, soalnya teman-teman lagi sementara atau baru mulai bekerja.

  22. ratna kusuma mengatakan:

    salam kenal,
    bisa mendapatkan standar alkes dan obat untuk rumah sakit rawat jalan ataupun inap?

    kalau kapan2, bisa diskusi lebih lanjut tentang jamkesmas pak?

    terima kasih untuk jawabannya.
    salam
    Ratna

    @arali2008 menjawab
    oke! silakan download standar alat kesehatan untuk RSU class c dan b, buka juga halaman download @arali2008 disitu juga ada standar harga alkes tahun 2009 maaf untuk standar obat sementara belum saya miliki trims atas kunjungannya

  23. musafir kecil mengatakan:

    wah….kebetulan saya tidak jadi audit kinerja kesehatan ke polewali mandar….
    sekarang…..timnya lagi kesana…..

    @arali2008 menjawab
    saya secara pribadi sangat senang jika tim bapak bisa mengaudit kantorku secara tuntas, karena kantorku sudah merasa prima tapi karena tidak adanya audit, belum lengkap rasanya…

  24. saya ingin mendapatkan jenis dan harga bermacam-macam alat kesehatan, dan apakah ada standar alkes dengan rinciannya untuk puskesmas rawat inap

    @arali2008 menjawab
    Ok Dokter silakan download saya juga kirim ke email dokter.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.389 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: